Hadirnya Babinsa dan Penyuluh Pertanian Bantu Petani

WOL Photo/chairul sya'ban
Iklan

LHOKSEUMAWE, WOL – Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono, meminta para Babinsanya bersama Petugas Penyuluh dan Mantri Tani agar lebih giat mengajak petani turun ke sawah. Sehingga terciptanya suatu kerjasama yang baik di lapangan dalam rangka peningkatan hasil panen menuju Swasembada Pangan.

“Kepada Babinsa agar kiranya terus bersinergi dengan petugas penyuluh dan Mantri Tani untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pendampingan program pertanian, sehingga produk padi semakin meningkat dan terlaksana swasembada pangan di Aceh Utara khususnya,” pinta Dandim dalam rapat evaluasi ketahanan pangan tahun 2016 dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Utara serta Bulog Sub Div I Lhokseumawe di Aula Sapta Marga Makodim setempat, Jumat (30/12).

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, bahwa hasil pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 0103 Aceh Utara dan Petugas penyuluhan dari Dinas Pertanian setempat dinilai sudah sangat baik dan keberadaannya sangat membantu para petani dalam usaha meningkatkan hasil pertanian itu.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh Utara, Ir Jafar, menyebutkan keberadaan Babinsa dan Petugas penyuluh serta Mantri Tani sangat membantu dalam meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Dengan hasil yang meningkat tentunya diharapkan akan meningkatkan juga taraf perekonomian masyarakat terutama para petani dalam mendukung program swasembada pangan,” ujarnya.

iklan

Dalam rapat itu, turut dilakukan pembahasan tentang evaluasi pemanfaatan alsintan yang belum menjangkau keseluruhan wilayah serta pelaksanaan serapan gabah yang dinilai belum Optimal. Tak hanya itu, pelaksanaan perluasan sawah pada tahun 2016 dinilai sudah cukup baik, namun pada kegiatan 2017 perlu diperhatikan kembali tentang SID serta pembuatan RAB. (wol/chai/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan