Ditjen KAI Akan Hubungkan Stasiun Binjai ke Bandara Kualanamu

WOL Photo/Eko kurniawan

MEDAN, WOL – Ditjen Kereta Api Indonesia (KAI) Kementerian Perhubungan berencana menghubungkan operasional  jalur kereta api bandara dari Stasiun Bandara Kualanamu Deliserdang ke Stasiun Binjai.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia, Joni Martinus, mengatakan operasionalnya belum bisa dipastikan. Tetapi mulai 2017 sudah dilakukan desain, pembebasan lahan, penertiban dan penataan untuk kepentingan operasional Kereta Kualanamu – Binjai.

“Dimana penataan di 2017 akan terus dimulai, pada 2018 dilanjutkan dengan pembangunan fisik seperti rel kereta api,” tuturnya.

Dimana panjang rel Stasiun Medan- Binjai sepanjang 20, 8 Km, sepanjang 11 Km akan menggunakan jalur layang kereta api.

“Namun hanya rel layang 11 Km dari Medan-Sunggal saja, ini dilakukan mengingat sepanjang rel tersebut banyak perlintasan sebidang. Kita juga tidak tahu berapa besaran investasi proyek itu dengan alasan masih harus melihat hasil survei dan desain yang nantinya akan dibuat sesuai kenyamanan masyarakat,” ungkapnya.

Advertisement

“Yang pasti operasional kereta bandara hingga Binjai dari selama ini hanya sampai Stasiun Medan diharapkan meningkatkan layanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Melihat dari segi bisnis dan penumpang yang besar dari Kota Binjai, membuat kita terus melakukan perubahan dan perbaikan pelayanan untuk memudahkan masyarakat Binjai yang akan berangkat ke Bandara Kualanamu melalui kereta bandara yang diakses langsung dari Stasiun Binjai.

“Tentunya ini yang menjadi pencanangan PT KAI dalam melakukan perbaikan infrastruktur dan sarana prasana, mulai dari jalur lintasan dan lokomotif transportasinya,” terang Joni.

Dengan terhubungnya stasiun Binjai ke Bandara Kualanamu ini, nanti PT KAI bisa mendukung pemerintah juga dalam memajukan dan mengenalkan pariwisata Sumut, melihat kereta api bandara ini menjadi salah satu jalur transportasi kereta api bandara pertama di Indonesia,” tutupnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN