Desember Puncak Hujan, Sumut Terancam Banjir

WOL Photo/Lihavez
Iklan

MEDAN, WOL – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) untuk mewaspadai potensi banjir dan longsor, karena intensitas hujan berpeluang tinggi.

Dari kondisi atmosfer terkini terdapat indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang. Untuk potensi hujannya berpeluang besar terjadi saat sore hingga malam hari yang bersifat menyeluruh di wilayah lereng timur dan pantai timur sebelah utara. Demikian hal ini disampaikan Petugas Prakiraan BMKG wilayah I Medan, Christine Matondang, Selasa (6/12).

“Akibat gangguan tersebut, sehingga potensi pembentukan awan yang menyebabkan hujan lebih besar terjadi di daerah tersebut. Sehingga kondisi cuaca yang terjadi saat ini dipengaruhi oleh adanya gangguan tekanan rendah aktif di sebelah utara Aceh dan Samudra Hindia bagian barat,” tuturnya.

Dan beberapa daerah yang berpotensi mengalami banjir dengan kategori menengah tersebar di seluruh wilayah pantai timur dan barat, khususnya di daerah DAS yaitu Kabupaten Asahan, Deli Serdang, Karo, Binjai, Deli Serdang, Medan, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapsel, Taput, Mandailing Natal, Nias, Tanjung Balai, Tebing Tinggi dan Labuhan Batu.

“Sehingga Potensi longsor sendiri ada di beberapa kabupaten/kota yang khususnya daerah lereng pegunungan, seperti Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Humbahas, Toba Samosir, Samosir, Dairi, Phak-phak barat, Simalungun, Karo, Nias dan Nias Selatan,” terang Christine.

iklan

“BMKG mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti genangan, banjir, tanah longsor, banjir bandang, pohon tumbang dan jalan licin. Desember diprediksi menjadi puncak hujan dengan intesitas yang cukup tinggi,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan