Pengelolaan Keuangan Negara Efektif Ciptakan Good Governance

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Pengelolaan keuangan Negara dan pegawasan yang efektif adalah faktor penentu ciptakan tata pemerintahan yang baik (good governance). Hal itu disampaikan Sekdaprovsu Hasban Ritonga pada pembukaan Annual Workshop Star 2016 Wilayah Barat di Hotel Santika Dyandra Jalan Dipenegoro Medan.

Hadir pada acara tersebut Deputi Kepala BPKP Bidang PIPB Polhukam dan PMK Binsar Hamonangan Simanjuntak, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kepala Perwakilan BPKP Sumut, Direktorat Aparatur Negara Bappenas, Direktorat Pinjaman dan Hibah DJPPR Kemenkeu dan  para Perwakilan Univesitas Pengelola Degree Star.

Hasban mewakili Gubsu memberi apresiasi kepada pihak penyelenggara, menurutnya kegiatan ini mampu meningkatkan profesional pegawai pengelola keuangan negara (PKN) dan aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) merupakan hal yang perlu mendapat perhatian.

Tak hanya itu Hasban juga menjelaskan dengan adanya koordinasi, singkronisasi dan penyelaraskan kemitraan antara stakeholders Star tingat pusat dan daerah serta untuk memastikan penempatan lulusan program bea siswa S1 dan S2 bekerja lagi dibidang PKN dan APIP.

“Untuk itu saya mengajak para stakeholder, khususnya Pemprovsu dan Kabupaten/kota agar berperan serta dalam mensukseskan program Star,” ajak Hasban.

iklan

Menurut Hasban program Star ini diantaranya berkomitmen tinggi untuk dapat menempatkan kembali para lulusan Star di bidang APIP dan PKN.

Alasannya komitmen ini merupakan langkah strategis untuk menuju terwujudnya apa yang diamanahkan dalam RPJMS 2015-2019 terkait dengan peningkatan kapasitas APIP dan PKN untuk menuju terciptanya tata pemerintah yang baik.

Hal ini dibenarkan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang PIPB Polhukam dan PMK Binsar Hamonangan, bahwa kegiatan ini upaya kecil memberi dampak baik, pemerintahan wujud kinerja pelayanan ke masyarakat, akuntabel dan amanah di wilayahnya masing-masing.

“Karena untuk wujud pelayan yang mulai dari tingkat desa hingga Presiden,serta seperti motto pemeritahan “paparnya.

Berdasarkan data peningkatan kapabilitas APIP, target RPJMN 2015-2019 APIP pada level tiga, tetapi ini merupakan pekerjaan besar dan butuh kerja keras , karena tahun 2014 dari 474 APIP APIP 85,23 persen. Ini masih berada jauh dilevel 1,14,56 persen di level 2 sekitar 0,21 persen.

Sampai dengan triwulan 3, Star BPKP telah berhasil meluluskan 1.888 program S1 dan S2. Dan ditargetkan sampai akhir 2016 lulusan yang dihasilkan mencapai 1.366 orang dari total 3.483 orang mahasiswa yang terdaftar dalam program gelas Star BPKP.(wol/rdn/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan