KIP Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

foto: waspada
Iklan

BANDA ACEH, WOL – Komisi Independen Pemilihan (KIP) gencar sosialisasi pemilihan umum/kepala daerah bagi pemilih pemula. Sosialisasi tersebut digelar mulai dari sekolah hingga kampus.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Hendra Fauzi, mengatakan sosialisasi dilakukan agar para pemilih pemula bisa lebih siap dalam menentukan hak suaranya. Kemudian secara teknis, mereka mengerti alur yang harus dilewati di tempat pemungutan suara (TPS).

“Kita akan terus kejar semaksimal mungkin, karena pemilih pemula orang yang belum mengerti, belum tahu cara masuk, minimal tidak salah coblos,” katanya di SMA Negeri 4 Banda Aceh, Sabtu (19/11) kemarin.

Dikatakan, sosialisasi tersebut tidak hanya disekolah saja, pihaknya juga akan melanjutkan kegiatan itu ke masyarakat yang ada di desa. Bagi pemilih pemula, katanya, mereka harus dijelaskan dulu alasan harus mencoblos saat Pilkada.

“Apabila mereka sudah memahami, para pemilih pemula itu nantinya akan sadar bahwa menggunakan hak suara adalah kewajiban untuk memilih pemimpinnya ke depan,” ujarnya.

iklan

Selain itu, kegiatan itu tentunya untuk menekan angka golput dikalangan pemilih pemula. Pengamatan di lokasi, para siswa diberikan pemahaman melalui materi kepemiluan dan diajak simulasi pencoblosan di TPS yang sudah disediakan.

Melihat kegiatan tersebut, puluhan siswa juga mengapresiasi langkah sosialisasi KIP sampai ke sekolah-sekolah. Aulia, siswa SMAN 4 Banda Aceh, mengatakan kegiatan tersebut bisa menambah pengetahuan dan tata cara pencoblosan di TPS bagi pemilih pemula.

Di tempat berbeda, KIP juga sosialisasi bagi pemilih pemula bagi mahasiswa di kampus UIN Ar-raniry. Dengan mengusung tema ‘Sosialisasi Pemilih Cerdas Berdemokrasi’ diharapkan dengan kegiatan tersebut mampu menekan angka golput pada Pilkada Aceh 2017 mendatang.(wol/aa/wsp/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan