BPBD dan SAR Aceh Utara Kumpulkan 18 Kantong Darah

WOL Photo/chairul sya'ban
Iklan

LHOKSUKON, WOL – Tim Search and Rescue (SAR) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) Kabupaten Aceh Utara mengumpulkan sebanyak 18 kantong darah melalui kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional 2016.

Kegiatan sebagai bentuk kepedulian itu berlangsung di aula SAR BPBD setempat di Lhoksukon yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Utara, Rabu (09/11). Selain itu, donor darah juga dilakukan mengingat stok kebutuhan darah minim di PMI setempat.

“Ini bentuk kepedulian kami untuk membantu PMI agar bisa menjadi stok, dan juga sengaja kita lakukan dalam rangka Hari Pahlawan Nasional tahun 2016. Darah yang kami kumpulkan sebanyak 18 kantong, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ujar Ketua SAR Aceh Utara, Dahlan.

Ditambahkan, aksi donor darah yang dilakukannya itu baru pertama kali digelar. Untuk ke depan, pihaknya akan menggelar aksi donor darah setiap empat bulan sekali. “Ke depan kita lakukan empat bulan sekali. Selain membantu PMI, donor darah ini dapat membuat kita sehat,” tambah Dahlan.

Ketua PMI Aceh Utara, Ismed Nur Aj Hasan S.Sos kepada Waspada Online, sebelumnya menyebutkan, untuk satu hari saja pihaknya membutuhkan stok darah 50 kantong. Untuk itu pihaknya sangat berharap kepada masyarakat untuk senantiasa mendonorkan darahnya demi orang-orang yang membutuhkan.

iklan

Dalam hal ini dia juga menyebutkan bahwa golongan darah yang kerap langka ditemukan diantaranya golongan AB, B dan A. “Sementara untuk golongan darah O, mudah ditemukan dan terkumpul hingga 60 persen. Namun golongan darah jenis O hanya bertahan dua hari saja jika dalam 100 kantong,” jelas Ismed yang juga anggota Komisi D DPRK Aceh Utara.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan