Banjir Kepung Aceh Jaya

Istimewa

ACEH JAYA, WOL – Hujan yang mengguyur dengan intensitas lebat menyebabkan empat kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh dilanda bencana banjir. Ketinggian air berfariasi, seribuan kepala keluarga bahkan terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Hingga pagi ini, Selasa (8/11), banjir masih melanda dan bahkan meluas ke kecamatan lainnya.

Sementara itu Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh Jaya, Rizal Dinata melaporkan, sejak pukul 10:30 WIB tadi empat kecamatan yang dilanda banjir yakni Kecamatan Darul Hikmah, Indra Jaya, Sampoiniet dan Kecamatan Jaya. Untuk Kecamatan Darul Hikmah tercatat tujuh desa terendam, dan 371 KK mengungsi.

“Kecamatan Sampoiniet yang terendam banjir juga tujuh desa dan 785 KK mengungsi. Kemudian Kecamatan Indra Jaya, sekitar 73 Kepala Keluarga mengungsi dari dua desa yang tercatat. Sedangkan Kecamatan Jaya, tercatat sekitar delapan desa terendam, dan 634 kepala keluarga mengungsi,” demikian Rizal Dinata.

Dari informasi yang diterima Waspada Online, hingga malam kemarin, banjir terus meluas, bahkan Tim SAR, BPBD dan Basarnas terus berupaya mengevakuasi warga yang terkurung banjir meski medan yang sangat sulit, ditambah lagi listrik padam.

Advertisement

Sementara update Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, sebagian wilayah di Aceh masih terus berpotensi hujan sedang dan lebat bahkan disertai kilat, petir dan angin kencang. Kondisi ini berlaku untuk Pulau Sabang, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Sigli,  Bireun, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Bener Meriah,  Aceh Tenggara dan sekitarnya.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN