Soedarmo Mampu Kawal Roda Pemerintahan Aceh

foto: istimewa
Iklan

BANDA ACEH, WOL – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, resmi menunjuk Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Soedarmo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Kamis (27/10) kemarin.

Peresmian Plt Gubernur Aceh dan serah terima nota pengantar tugas Plt Gubernur Aceh dilakukan Mendagri Tjahjo Kumolo di Kementerian Dalam Negeri. Selain Plt Gubernur Aceh, Tjahjo juga melantik Zudan Arief Fakhrulloh sebagai Plt Gubernur Gorontalo dan Yuswandi A Tumenggung sebagai Plt Gubernur Bangka Belitung.

Dalam pidatonya, Mendagri meyakini Plt Gubernur Aceh Soedarmo yang mempunyai pengalaman sampai memiliki pangkat Mayor Jenderal di instansi TNI mampu mengawal roda Pemerintahan Aceh selama beberapa bulan ke depan.

Tjahjo juga meminta Plt Gubernur yang sudah diresmikan segera melaksanakan tugas seperti menjabarkan skala prioritas nasional menjadi program daerah. Kemudian, memperkuat urusan daerah pada pelayanan publik, menyusun rancangan APBD 2017 bersama DPRD, mendorong daya saing daerah, mempermudah perizinan serta memberantas pungutan liar.

Selain itu, Tjahjo juga berharap Plt Gubernur Aceh menyukseskan Pilkada serentak yang akan berlangsung 2017 mendatang. Seodarmo akan menjabat Plt Gubernur Aceh yang ditinggalkan Zaini Abdullah akibat cuti kampanye sampai 11 Februari 2017.

iklan

Dari data yang dihimpun, Soedarmo pernah berdinas di Pusat Intelijen Angkatan Darat (Pusintelad) sebelum menjadi pejabat Badan Intelijen Negara (BIN). Di BIN, Soedarmo pernah menjadi Staf Ahli BIN dan Kepala BIN di Kalimantan.

Soedarmo merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1983 dan pernah bertugas di Dili bersama Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang semasa itu adalah kakak kelasnya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Mendagri optimis Soedarmo mampu menjaga stabilitas keamanan, politik, dan netralitas pemerintah di Aceh dalam nuansa pesta demokrasi.(wol/aa/wsp/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan