inilah Kata KIP Aceh Utara Soal Gugatan Leman B

Ilustrasi (foto: ist)

LHOKSUKON, WOL – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, ketika melakukan seleksi tes kesehatan untuk pasangan bakal calon kepala daerah tentu harus merujuk pada aturan yang ada. Salah satunya ketika disebutkan dalam Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 22, bahwa seleksi tes kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit Pemerintah.

Kemudian dalam PKPU juga disebutkan bahwa tes kesehatan itu bersifat mengikat. KIP sebagai penyelenggara hanya melaksanakan Undang – Undang PKPU dan Qanun tentang Pemilukada di Aceh. Hal ini disampaikan Ketua KIP Aceh Utara, Jufri Sulaiman, saat menjawab wartawan dalam menanggapi sengketa gugatan bakal calon Bupati Aceh Utara, H. Sulaiman Ibrahim, usai menghadiri sidang tersebut, Jumat (14/10).

“Hari ini KIP menghormati apapun keputusan, ketika proses pemeriksaan ini selesai maka KIP akan menindaklanjuti. KIP sebagai penyelenggara hanya melaksanakan Undang-Undang PKPU Qanun Tentang Pemilukada di Aceh,” jelas Jufri.

Di dalam Undang-Undang Nomor 10, sambung dia, jelas disebutkan bahwa KIP harus melaksanakan rekomendasi dari panwaslih dan keputusan dari pengadilan. Terkait surat hasil uji kesehatan yang diterima H. Sulaiman Ibrahim, menurutnya jika melihat dalam Qanun Nomor 5 Pasal 22 huruf a tidak ada disebutkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk hal itu.

“Kalau kita melihat dalam Qanun Nomor 5 Pasal 22 Huruf a, tidak ada disebutkan IDI di situ. Yang ada adalah pemeriksaan kesehatan dilaksanakan oleh RS pemerintah di tingkat provinsi. Jadi ketika berkoordinasi dengan provinsi sehingga terbentuknya seleksi kesehatan di tingkat provinsi. Itu sudah sesuai dengan qanun yang sudah ada,” demikian Jufri kembali menjelaskan.

Advertisement

Sebagaimana diketahui, bakal calon Bupati Aceh Utara jalur perseorangan atau independen, H. Sulaiman Ibrahim menyesalkan KIP Aceh Utara dan RSU Zainal Abidin Banda Aceh, atas dikeluarkannya surat hasil uji kesehatan terhadap dirinya sebagai salah satu syarat bakal calon.(wol/chai/data3)

Editor: SASTROY BANGUN