Angka 4, 5, 6 “Keramat” Bagi Cagub Mantan GAM

foto: Antara

BANDA ACEH, WOL – Tiga mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) mendapat nomor berurutan, yaitu 4, 5 dan 6, pada pengambilan nomor urut pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Aceh di Gedung Utama DPR Aceh, Selasa (25/10).

Nomor urut 4 dimiliki Zaini Abdullah-Nasaruddin (AZAN) yang maju lewat jalur independen. Angka tersebut tidak asing lagi bagi Zaini Abdullah yang juga mantan Menteri Kesehatan GAM.

Angka empat tersebut memiliki arti yang panjang bagi sejarah GAM. Pada angka 4 itu juga mengingatkan kembali pada waktu deklarasi kemerdekaan Aceh, yakni 4 Desember 1976. Lalu, angka 4 juga mengingatkan pada kelahiran wali nanggroe Tengku Hasan Ditiro, 4 September 1930.

Nomor urut 5 menjadi milik mantan Panglima GAM, Muzakir Manaf, yang berpasangan dengan TA Khalid lewat jalur partai politik diusung Partai Aceh, Gerindra, PKS, dan PBB. Bagi Muzakir yang akrab disapa Mualem, nomor 5 sangat beruntung baginya.

Pasalnya, nomor urut tersebut mengingatkan kembali pada Pilkada Aceh 2012, di mana Muzakir menjadi pemenang berpasangan dengan Zaini Abdullah. Kemudian, pasangan ini memaknai nomor urut 5 sebagai rukun Islam.

Advertisement

“Kami mendapatkan nomor 5, berarti Allah SWT masih sayang kepada kami seperti tahun 2012, nomor 5 juga rukun Islam untuk tegaknya Ahlussunnah Waljamaah di Aceh,” kata Mualem.

Selanjutnya, nomor 6 dipakai oleh mantan propaganda GAM, Irwandi Yusuf, Berpasangan dengan Nova Iriansyah, Irwandi diusung Partai Demokrat, PNA, PDA, dan PKB. Bagi Irwandi, nomor tersebut seperti mengulang Pilkada 2006 kala berhasil menjadi orang nomor satu di Aceh.

“Hari ini sejarah sedang mengulangi, pada pilkada pertama di Aceh tahun 2006 kami juga mendapat nomor 6,” kata Irwandi.

Tarmizi Karim-Machsalmina Ali maju lewat usungan Partai Golkar, Nasdem, PPP, PAN, dan PKPI mendapat nomor urut 1. Selanjutnya, Zakaria Saman berpasangan dengan T Alaidinsyah lewat jalur independen memperoleh nomor urut 2.

Mantan Gubernur Aceh periode 2000-2005, Abdullah Puteh, berpasangan dengan Sayed Mustafa Usab dan mendapat nomor 3.(wol/aa/wsp/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL