4 Mantan Petinggi GAM ‘Bertarung’

Ilustrasi Pilkada Aceh (foto: Ist)

BANDA ACEH,WOL – Empat mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) bersaing di Pilgub Aceh pada Pilkada Serentak 2017.

Empat mantan petinggi GAM tersebut adalah dr Zaini Abdullah mantan Menteri Kesehatan GAM dan sekarang maju sebagai calon Gubernur Aceh berpasangan dengan Nasaruddin melalui jalur independen.

Kemudian, Zakaria Saman mantan Menteri Pertahanan GAM dan maju sebagai calon Gubernur Aceh berpasangan dengan T. Alaidinsyah melalui jalur independen.

Kemudian Muzakir Manaf mantan Panglima GAM berpasangan dengan TA Khalid diusung Partai Aceh, Partai Gerindra, dan sejumlah partai politik lainnya.

Dan terakhir, Irwandi Yusuf mantan Propaganda GAM, dan Gubernur Aceh periode 2007-2012 melalui jalur independen, kembali maju sebagai calon Gubernur Aceh berpasangan dengan Nova Iriansyah diusung Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh (PNA), PKB, dan PDA.

Advertisement

Selain empat mantan petinggi GAM, ada dua pasangan calon lainnya yang akan bertarung pada Pilgub Aceh yakni Tarmizi A Karim-T Machsalmina Ali, dan Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab maju melalui jalur independen.

Pilgub Aceh digelar 15 Februari 2017 mendatang, serentak bersamaan dengan pemilihan 20 bupati/wakil bupati dan wali kota/ wakil wali kota dari 23 kabupaten/kota se-Aceh.

6 Pasangan Resmi
Sebagaimana diketahui, Komisi Independen Pemilihan (KIP) menetapkan enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang resmi ikut Pilkada Aceh 2017. Mereka dinyatakan telah lulus verifikasi administrasi, baca Alquran, hingga uji kesehatan.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022 ditetapkan dalam Rapat Paripurna KIP Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Senin (24/10). Para komisioner KIP membaca satu-satu hasil seleksi bakal calon sebelum menetapkannya.

Keenam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh yang sudah ditetapkan adalah petahan Zaini Abdullah-Nasaruddin; Zakaria Saman-Teuku Alaidinsyah; Abdullah Puteh-Sayed Mustafa. Ketiga pasangan maju dari jalur independen atau perseorangan.

Berikutnya adalah pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah yang diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Nasional Aceh (PNA), PDIP dan PKB. Pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid, diusung Partai Aceh, Partai Gerindra, PKS, PPP kubu Djan Faridz.

Terakhir pasangan Tarmizi A Karim-T Machsalmina Ali yang diusung Partai Golkar, Nasional Demokrat, PPP kubu Romahurmuzy dan PKPI.

“Alhamdulillah, pasangan calon sudah kita tetapkan,” kata Ketua KIP Aceh sekaligus pemimpin sidang, Ridwan Hadi.

Setelah ditetapkan, KIP Aceh akan melakukan penarikan nomor urut pasangan calon yang akan digelar di ruang sidang utama DPR Aceh di Banda Aceh pada Selasa 25 Oktober 2016.

“Kami berharap agar dapat secara langsung diikuti pasangan calon gubernur dan wakil gubernur,” ujar Ridwan. (ags/ant/DATA3)

Editor: Agus Utama