Kemenag Verifikasi Peserta Pospenas Sumut

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian SH MSi, mengatakan Kementerian Agama menurunkan tim khusus untuk memverifikasi data atlet dan peserta lomba seni yang akan memperkuat Sumut pada Pekan Olahraga dan Seni Antar-Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) di Banten, 20-28 Oktober mendatang.

“Tujuannya agar pada Pospenas nanti tidak ada atlet non santri yang ikut. Tentunya

kami terbuka dan mendukung proses ini. Kami berharap Pospenas tidak diwarnai upaya kecurangan yang bisa merusak citra ajang tersebut,” ujar Baharuddin didampingi Sekretaris Mazrinal Nasution SE MAP, Rabu (7/9).

Baharuddin berharap para atlet maupun peserta lomba seni yang memperkuat Sumut benar-benar murni binaan pondok pesantren. Karena sejak awal pihaknya sangat tidak mentolerir tindakan pemalsuan data demi tujuan tertentu.

“Mudah-mudahan santri kita yang diverifikasi memang murni santri. Jika semua provinsi bisa menjalankan mekanisme ini dengan benar, maka sistem pembinaan akan berjalan dengan baik di pesantren,” tuturnya.

iklan

Dikatakan, perwakilan Kanwil Kemenag Provsu Kamaludin Siregar MA dan timnya serta perwakilan Disporasu memantau langsung pelaksanaan verifikasi yang dilakukan tim Kemenag terhadap 170-an santri.

“Mereka yang diseleksi adalah atlet dan peserta lomba seni hasil Pospedasu yang digelar Juni lalu. Jumlahnya masih 200 persen karena masih Pelatda berjalan. Tapi kami akan tetapkan atlet 100 persen yang akan berangkat ke Pospenas pada akhir September ini,” katanya.

Sumut, kata Baharuddin, akan menurunkan atlet di tujuh cabang olahraga, yakni atletik, tenis meja, pencak silat, futsal, senam santri, bola voli, dan basket.

Tim Verifikasi Kemenag RI, DR Nana Fathurrohman MPD dan Mahbub Nahari MA, mengaku pihaknya melakukan beberapa tes dalam verifikasi kali ini.

“Tes tersebut seperti hafalan surat pendek, menulis dengan bahasa Arab, doa, dan bertanya tentang keseharian di pondok pesantren. Kalau terbukti tidak bisa menulis Arab tentu tidak lulus,” jelas Nana.(wol/aa/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan