Jokowi: Ajang PON Mampu Mencetak Atlet Berprestasi

Presiden Joko Widodo (Dok. Okezone)
Iklan

BANDUNG, WOL – Presiden Joko Widodo berharap agar perhelatan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat dapat mencetak atlet-atlet nasional berprestasi.

“Kita harapkan dengan kompetisi dari bawah di tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, naik ke tingkat provinsi, naik lagi ke tingkat nasional yaitu PON. Kita ingin mendapatkan bibit-bibit atlet yang baik di semua cabang olahraga,” kata Jokowi seperti dikutip dari laman antara, Sabtu (17/9) sore.

Menurutnya, pertandingan PON yang diselenggarakan sejak 17-29 September 2016 itu juga dapat membina atlet nasional meraih jenjang lebih tinggi di atas skala dalam negeri seperti di Sea Games, Asian Games maupun Olimpiade.

“Saya kira kalau kompetisi ini terus diadakan mulai dari dasar bawah sampai ke tingkat nasional kita akan mendapatkan atlet-atlet yang baik. Targetnya saya kira ke sana,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengatakan persiapan pembukaan PON XIX sudah seluruhnya siap mulai dari pengamanan hingga acara.

iklan

“Pak Jokowi saat pembukaan PON akan berada di tribun bawah agar dekat dengan masyarakat dan atlet,” terangnya.

Perhelatan olah raga se-Indonesia tersebut terdiri dari 44 cabang olahraga di 68 venue yang tersebar di 16 Kabupaten/Kota di Jawa Barat antara lain Cirebon, Bandung, Bogor, Sukabumi, Karawang dan Bekasi. Kepala Negara direncanakan membuka PON XIX dan Peparnas XV di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gede Bage pada Sabtu (17/9) malam. Sejumlah acara pun telah dipersiapkan oleh PB PON untuk pembukaan tersebut diantaranya tari-tarian tradisional, penyulutan api PON ke dalam calderon serta pesta kembang api. (antara/data2)

Iklan