Indonesia Butuh Klinik Bisnis Untuk Tingkatkan Kualitas UMKM

WOL Photo

MEDAN, WOL – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini memang menjadi sebuah bisnis dengan karya-karya tangan masyarakat Indonesia yang patut untuk terus didorong. Dan untuk meningkatkan kualitas UMKM, Indonesia membutuhkan klinik bisnis khusus UMKM.

Seperti yang diungkapkan, Praktisi UMKM Medan, Alween Ong, bahwa memang masalah utama yang dihadapi pelaku UMKM adalah edukasi dan promosi.

“Oleh karena itu, Ini harus yang menjadi perhatian pemerintah, hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan dan mau berbagi. Bahkan untuk jumlah mentor di Sumatera Utara ini masih sangat kurang.

Pemerintah harus membuat satu program yang memberikan kesempatan bagi pelaku usaha mendapatkan pendidikan lebih baik dan bisa dimanfaatkan menjadi mentor UMKM.

“Dan pemerintah juga harus membangun sebuah klinik bisnis UMKM sebagai tempat pelaku usaha bertanya dan memperoleh jawaban tentang kesulitan yang dihadapinya,” ungkap Alween.

Advertisement

Ditambahkan, pemerintah juga harus membuat kanal secara online agar pelaku UMKM dapat saling berdiskusi dan mendapatkan informasi dari siapapun.

“Tentunya ini akan membantu para pelaku UMKM, dengan adanya promosi dan edukasi, agar para UMKM tidak stak pada ilmu usaha,” tutupnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN