Cagub Independen Belum Penuhi Syarat Dukungan KTP

WOL Photo

BANDA ACEH, WOL – Tiga pasangan calon Gubernur Aceh yang maju melalui jalur independen belum memenuhi minimal syarat dukungan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah ditetapkan sejumlah 153.045 dukungan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang sudah diplenokan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Kamis (15/9), pasangan Zaini Abdullah-Nasaruddin mendapat dukungan 138.594 KTP. Selain itu, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa didukung 73.628 KTP dan Zakaria Saman-T Alaidinsyah baru 73.152 dukungan.

Artinya, ketiga pasang calon gubernur itu belum memenuhi syarat dukungan. Masing-masing pasangan calon pun harus memenuhi kekurangannya pada 29 September-1 Oktober mendatang ke KIP Aceh.

“Sebelum menyerahkan kekurangannya, pasangan calon harus kembali datang ke KIP Aceh pada 21-23 September dan mendaftar lagi,” kata Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi.

Kemudian, kekurangan masing-masing pasangan calon harus dikali dua dari total kekurangan sebelumnya. Dari data yang dihimpun, kekurangan Zakaria-Alaidinsyah 159.786 KTP, Puteh-Sayed 158.834, dan Zaini-Nasaruddin 28.902 KTP lagi.

Advertisement

Apabila tidak menyerahkan kekurangannya pada waktu yang sudah ditetapkan, maka pasangan calon tersebut tidak akan diikutsertakan dalam pemilihan calon Gubernur Aceh pada Pilkada 2017 mendatang.

Ridwan Hadi menambahkan bahwa calon tersebut juga harus memenuhi syarat lainnya, berupa mampu mengaji, dinyatakan sehat serta menyetujui tahapan Pilkada yang telah ditetapkan.

Terkait kekurangan dukungan KTP, tim sukses (timses) masing-masing bakal calon tetap optimis melengkapi syarat dukungan tersebut. Mukhtharrodi, Timses Abdullah Puteh-Sayed Mustafa, mengatakan kekurangan itu sudah diantisipasi pihaknya. Dia juga mengakui sudah mengumpulkan KTP jauh hari sebelum rapat pleno rekapitulasi KTP.

“Kita sudah siap untuk kekurangan itu dan sudah ada sekira 140 ribu KTP saat ini. Berarti, tinggal 20 ribu lagi,” katanya.(wol/aa/wsp/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL