Soal Tanjung Balai, Jokowi: Kapolri Sudah Turun ke Lapangan

(Foto :Okezone)
agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah secara intens mendapat laporan mengenai kerusuhan di sebuah vihara di Tanjung Balai, Sumatera Utara. Ia pun menuturkan bahwa Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah turun ke lapangan untuk mengatasi persoalan itu.

“Kita setiap saat sudah dilaporin, Kapolri saat itu juga turun ke lapangan, terutama kumpulkan tokoh-tokoh. Saya kira semua harus belajar bahwa semua harus mengayomi mayoritas mengayomi minoritas sebaliknya saling toleransi,” kata Jokowi usai membuka pameran lukisan koleksi Istana di Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur, Senin (1/8/2016).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan bahwa keberagaman agama merupakan salah satu kekuatan bangsa. Ia berharap kejadian seperti tak lagi terulang. “Mudah-mudahan sudah tidak ada lagi,” imbuhnya.

Jokowi juga memastikan bahwa pemerintah akan menindak tegas pihak yang melakukan anarkisme dan main hakim sendiri, terlebih lagi bhal ini bersinggungan dengan persoalan agama.

Advertisement

“Pemerintah akan menindak tegas semua yang bertindak anarkis, main hakim sendiri, karena masalah SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) adalah harus betul-betul kita tiadakan,” jelas Jokowi.

Diketahui, kerusuhan tersebut terjadi pada Jumat 29 Juli malam. Kerusuhan mengakibatkan pengrusakan dan pembakaran vihara. Sejumlah orang telah diamankan polisi terkait kerusuhan ini.