Provinsi Banten Juara Umum MTQN Ke-26

foto: bpmpd.ntbprov
Iklan

MEDAN, WOL – Kafilah Provinsi Banten berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-26 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/8) malam.

“Keputusan dewan hakim MTQ ke-26 tentang penetapan juara umum dan peringkat 10 besar adalah Provinsi Banten (juara umum),” kata Ketua Dewan Hakim MTQ, Said Agil al-Munawar, pada penutupan MTQN 2016 di Islamic Centre NTB, Mataram.

MTQN Ke-26 ini ditutup oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. Setelah Banten, DKI Jakarta menempati peringkat kedua diikuti Kepulauan Riau. Tuan rumah NTB harus puas di urutan keempat atau sesuai target masuk lima besar. Sementara itu, Sumatera Utara tertinggal jauh karena tidak masuk peringkat 10 Besar.

Alhamdulillah, perkenankan saya menyampaikan kabar menggembirakan kepada seluruh masyarakat Banten. Setelah penantian panjang bertahun-tahun mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki sebelumnya, Alhamdulillah, tahun ini Banten berhasil merebut juara umum MTQN,” kata Rano Karno.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Prof Machasin, mengatakan adanya dugaan kebocoran nama peserta dan provinsi yang tampil sebagai juara umum sebelum pengumuman resmi oleh panitia telah mencederai integritas penyelenggaraan MTQN tahun 2016 .

iklan

“Dugaan bocornya nama peserta dan provinsi yang menjadi juara MTQN secara langsung telah melukai semangat MTQN yang sudah berjalan jujur dan transparan,” kata Machsin didampingi Wakil Gubernur NTB, H Muhammad Amin, di Mataram.

Machsin menegaskan, Kementerian Agama dan panitia LPTQ berjanji akan mengusut tuntas adanya dugaan kebocoran tersebut. Jika terbukti, maka pelakunya baik panitia maupun dewan hakim akan diberikan tindakan tegas.\

Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) segera bersiap untuk bisa sukses sebagai tuan rumah MTQN 2018. Kepastian tersebut disampaikan Staf Ahli Gubernur Sumut, Asren Nasution, di Medan baru-baru ini.

Kendati begitu, Asren mengaku belum menerima surat tertulis soal ditetapkannya Sumut sebagai tuan rumah MTQN 2018. Dikatakan, pemberitahuan resmi secara tertulis belum diterima, namun Menteri Agama diakui sudah mengatakannya secara lisan.

 

(wol/aa/rol)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

 

Iklan