Peran Tokoh Masyarakat 90% Bisa Mendinginkan Suasana

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Kapolsek Medan Kota, AKP Martuasah Mindo Tobing, menyebutkan masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Masyarakat harus bersatu, tanpa memandang perbedaan.

“Peran tokoh masyarakat 90 persen bisa mendinginkan suasana dan melegakan suasana hati. Dari masyarakat bisa menyampaikan dan memberi solusi untuk menyelesaikan masalah,” sebut Martuasah dalam acara Silaturahim Pimpinan Forum Komunikasi Kecamatan Medan Kota-Kecamatan Medan Maimun dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Medan Kota dan Medan Maimun di kantor Camat Medan Kota, Rabu (3/8).

Menurutnya, kerukunan antar umat beragama sangat penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat harus diselesaikan dengan secara damai dan bersama-sama.

“Kalau ada masalah, apapun sampaikan kepada saya. Mudah-mudahan saya bisa menyelesaikan,” ujar mantan Kasat Reskrim Polres Deliserdang tersebut sambil membagikan nomor handphonenya kepada masyarakat peserta pertemuan.

Dia berharap, kerusuhan yang terjadi di Tanjungbalai tidak merembet ke masyarakat yang berdomisili di wilayah hukumnya dan Medan sekitarnya. Setiap masalah bisa diselesaikan dengan baik.

iklan

Sementara Camat Medan Kota, Syahrul Efendi Rambe menuturkan, keamanan di Medan Kota dan kerukunan masyarakat selama ini sudah bisa terjalin dengan baik. Peristiwa kerusuhan di Tanjungbalai tidak terjadi di Medan sekitarnya.

“Kejadian di Tanjungbalai itu masalah kecil yang dibesar-besarkan, jangan sampai merembes. Toleransi beragama harus tetap terjalin dan harmonis dengan cinta damai. Tidak perlu dibesar-besarkan agar keamanan Medan Kota tetap terjalin,” ucap Rambe.

Sedangkan sejumlah perwakilan tokoh agama, dari tokoh Islam, Hindu, Buddha, Kristen Protestan, Kristen Katolik dan Konghucu mengikrarkan persatuan secara bersamaan.‬

‪”Kami siap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan. Kami mengutamakan kebersamaan, ketertiban dan perdamaian, mendukung anti kekerasan. Kami siap bekerja sama dan berkoordinasi dengan aparat pemerintahan, kepolisian, TNI dan segenap elemen masyarakat,” ikrar perwakilan Forum Komunikasi Umat Beragama‬.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Medan Kota, AKP Martuasah Mindo Tobing, Camat Medan Kota, mewakili Danramil Medan Kota, Sersan Heru dan undangan lainnya.(wol/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan