Jokowi Tepat jika Pilih Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Komjen Budi Gunawan (Foto : Okezone)
Iklan
agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis, menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tepat jika menunjuk Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso.

Margarito menerangkan, Jokowi memiliki kewenangan eksklusif untuk menunjuk kepala lembaga rahasia negara tersebut. Setelah itu, DPR RI memberikan persetujuan atas hak prerogatif orang nomor satu di negeri ini.

“Kalau ada usulan mengenai Budi Gunawan jadi Kepala BIN itu hebat, karena tidak mungkin Presiden menunjuk orang yang tak memiliki kemampuan besar dan diyakini bisa bekerja sama dengan dirinya,” kata Margarito saat dihubungi Okezone, di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Bagi Margarito, BIN bukanlah tempat main-main dalam suatu Negara, karena posisinya sangat strategis untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan negara. Dirinya melihat bahwa Budi Gunawan mampu membawahi BIN.

iklan

Oleh karena itu, Margarito meminta Jokowi serius memilih Kepala BIN yang memang memiliki track record baik dan profesional. “Saya minta Presiden serius, tidak main-main menunjuk kepala BIN,” tegasnya.

Nama Budi Gunawan sendiri dikabarkan akan menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), setelah mengisi jabatan Wakil Kepala Kepolisian Negara RI (Wakapolri), menggantikan Sutiyoso.

Dari informasi yang dihimpun, Budi Gunawan akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Gedung DPR RI pada 18–19 Agustus 2016.

Iklan