Inilah Biaya Pengurusan SIM di Kota Medan

Ilustrasi (WOL Photo)
Iklan

MEDAN, WOL – Guna mencegah masyarakat menjadi korban penipuan dalam mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Satlantas Polresta Medan merilis beberapa tarif biaya pengurusan SIM.

Adapun biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk mendapat SIM, yakni;

1. SIM A
– Pembuatan SIM A Baru : Rp 120.000
– Perpanjang SIM A: Rp 80.000

2. SIM B1
– Pembuatan SIM B1 Baru : Rp 120.000
– Perpanjang SIM B1: Rp 80.000

3. SIM B2
– Pembuatan SIM B2 Baru : Rp 120.000
– Perpanjang SIM B2: Rp 80.000

iklan

4. SIM
– Pembuatan SIM C Baru : Rp 100.000
– Perpanjang SIM C: Rp 75.000

5. SIM D (Penyandang disabilitas/berkebutuhan khusus)
– Pembuatan SIM D Baru : Rp 50.000
– Perpanjang SIM D: Rp 30.000

6. SIM Internasional
– Pembuatan SIM Internasional Baru : Rp 250.000
– Perpanjang SIM Internasional: Rp 225.000

Kasat Lantas Polresta Medan, Kompol Rizal Moelana, mengatakan mekanisme pelaksanaan pengujian SIM di Satlantas Polresta Medan sudah sesuai aturan UU no 22 tahun 2009, Perkap (Peraturan Kapolri ) no 9 thn 2012 tentang SIM.

“Harga SIM yang dipungut sudah sesuai dengan PP No. 50 tahun 2010 tentang Tarif PNBP yang berlaku pada Polri. Tidak ada pungutan di luar itu, bila ada personil yang melakukan penyimpangan akan ditindak tegas,” ungkapnya kepada wartawan.

Selain itu, Rizal berharap kepada masyarakat peserta uji SIM untuk tidak mengurusnya dengan perantara atau calo.

“Kita sudah mengimbau dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk tidak mengurus kepada calo. Selain itu, kita juga sudah menempatkan Provost Polresta Medan untuk memantau gerak-gerik serta menertibkan calo dan menindak tegas apabila adanya calo mengurus SIM masyarakat tersebut,” harapnya.

Disinggung mengenai keluhan masyarakat yang menilai praktik ujian SIM di Satlantas Polresta Medan tergolong sulit atau susah, mantan Kapolsek Medan Area, meminta supaya masyarakat untuk belajar di sekolah-sekolah mengemudi yang ada di Kota Medan.

“Kita dari Satlantas Polresta Medan terus memberikan pembelajaran mengenai praktik ujian mendapatkan SIM. Di mana Unit Dikmas Satlantas Polresta Medan telah datang ke sekolah-sekolah maupun intansi-intansi bagaimana cara ujian praktik ujian SIM. Jadi, tidak ada alasan kalau ujian praktik SIM di Satlantas Polresta Medan sulit. Semuanya diserahkan kepada masyarakat untuk kembali belajar cara praktik ujian SIM,” pungkas Rizal. (wol/lvz/data2)

Editor: Agus Utama

Iklan