Gubsu Panen Raya Padi di Batubara

WOL Photo
Iklan

BATUBARA, WOL – Gubernur Sumatera Utara, Ir HT Erry NUradi MSi, beserta Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnain, melakukan panen raya padi di Desa Tanah Merah, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara, Kamis (11/8).

Pada panen raya padi varietas mekongga tersebut menghasilkan padi 7 ton per hektar. Gubernur dalam kesempatan itu, meminta komitmen dari semua stakeholder mulai dari pemerintah, swasta hingga petani untuk meningkatkan produksi pangan Sumut.

“Kalau kita tidak memiliki komitmen dan kekompakan, maka target produksi gabah kita tahun ini sebesar 4,6 juta ton tidak akan tercapai,” tegas Gubsu.

Tidak hanya itu, lanjut Gubsu, posisi Sumut yang sekarang sudah tergeser dari peringkat lima menjadi enam bisa turun lagi menjadi peringkat ke tujuh dalam penyumbang beras terbesar nasional.

“Jangan sampai itu terjadi. Karena itu akan mempengaruhi bantuan yang akan diberikan pemerintah pusat untuk kita. Diharapkan, kita harus kompak untuk mengembalikan posisi Sumut ke peringakat lima sebagai penyumbang beras terbesar nasional,” harap Gubsu.

iklan

Penangggungjawab Upsus Pajale dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk wilayah Sumut Ali Jamil Harahap, melaporkan untuk Agustus 2016, target tanam padi Sumut mencapai 125 ribu hektar. Jumlah itu naik dibandingkan bulan Juli 2016 seluas 62 ribuan hektar. Sedangkan untuk target tanam bulan September mencapai 135 ribu hektar.

“Kita berharap dan bekerjasama agar target tanam padi Sumut tahun ini bisa terealisasi dengan baik,” tutur Ali Jamil.

Dia juga meminta dukungan Pemprovsu dalam memanfaatkan lahan-lahan kering dan lahan-lahan perkebunan yang ada di Batubara untuk bisa dimanfaatkan bercocok tanam.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Pelaksana Penyuluh Batubara, Sahala Nainggolan, mengatakan panen padi yang dilakukan itu adalah varietas mekongga yang memiliki potensi hasil di atas 7 ton per hektar. Sementara luas panen yang dilakukan mencapai 26 hektar.

“Saat ini, rata-rata produktivitas gabah petani di Batubara sudah mencapai 6,5 sampai 7 ton per hektar gabah kering panen (GKP). Dan, produktivitas itu cukup bagus dibanding tahun 2010 lalu yang hanya berkisar 4,5 ton per hektar,” ujar Sahala.

Untuk Batubara kata Sahala, target tanam padi tahun ini seluas 14.210 hektar dan sampai dengan minggu kedua Agustus 2016, realisasi tanam sudah mencapai 8.050 hektar. “Kita optimis target tanam itu tercapai kalau hujan turun,” tutup Sahala.(wol/rdn/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan