Dieksekusi KPK, OC Kaligis Resmi Dipenjara 10 Tahun

OC Kaligis. (Foto: Antara)
Iklan
agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalankan putusan Mahkamah Agung (MA) yang menghukum pengacara senior OC Kaligis dengan penjara selama 10 tahun.

Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha menjelaskan, ayah dari aktris Velove Fexia itu resmi dijebloskan ke Lapas Kelas I Sukamiskin, Bandung. “Hari ini KPK melaksanakan putusan MA dan mengeksekusi terpidana OCK ke Lapas Sukamiskin, Bandung,” ujarnya, Kamis (25/8/2016).

Tak hanya OC Kaligis, KPK hari ini juga mengeksekusi terpidana kasus suap pembangunan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong Tahap III 2011 yakni Bobby Reynold Mamahit. Mantan Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan itu terbukti bersalah menerima uang Rp480 juta dari General Manager PT Hutama Karya, Budi Rachmat Kurniawan.

Ia divonis pidana penjara selama lima tahun, denda Rp150 juta, subsider tiga bulan kurungan. Bobby pun menerima dengan ikhlas putusan yang diketuk hakim pengadilan tingkat pertama di Pengadilan Tipikor pada Rabu 10 Agustus 2016.

iklan

Sebagaimana diketahui, OC Kaligis terlibat kasus suap yang berawal dari menyuap Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan Tripeni Iriato Putri, dan dua anggota majelis hakimnya, serta panitera PTUN Medan. Terseret pula Gubernur Sumatera Utara Gatot Puji dan istrinya, serta Sekjen Partai Nasdem Rio Capella dalam kasus ini.

Awalnya OC Kaligis dihukum 5,5 tahun penjara dan diperberat di tingkat banding menjadi tujuh tahun penjara. Namun di tingkat kasasi, hukumannya justru diperberat menjadi 10 tahun penjara oleh majelis hakim agung diketuai Artidjo Alkostar dibantu Abdul Latief dan Krisna Harahap.

Iklan