Abdullah Puteh Terharu Dengar Nasehat Abu Tumin

WOL Photo

JEUMPA, WOL – Calon Gubernur Aceh, Abdullah Puteh, datang bersama Sayed Mustafa sebagai calon wakilnya ke kediaman ulama kharismatik Aceh, Tgk HM Amin atau akrab disapa Abu Tumin, Minggu (28/8).

Puteh datang ke rumah ulama tersebut di Desa Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen dan terlihat meneteskan air mata saat dipeusijuk. Selain itu, suasana haru juga ditampakkan Puteh saat mendengar nasehat dari pimpinan Dayah Almadinatuddiniyah Babussalam dalam pidato singkatnya.

Pantauan Waspada Online, sejumlah anak yatim yang ditemani ibunya serta sejumlah santri dan guru pengajian dari Dayah Almadinatuddiniyah Babussalam, tokoh agama, dan masyarakat sudah menunggu kedatangan rombongan Gubernur Aceh periode 2000-2004 itu di halaman rumah Abu Tu Min.

Begitu tiba, rombongan Puteh langsung disambut sejumlah santri, guru dayah, pemuka dan tokoh agama serta masyarakat. Namun, sebelum acara peusijuk (tepung tawar) dimulai, Tu Min menyampaikan nasehat kepada kedua pasangan calon pemimpin Aceh tersebut dan juga hadirin.

Meunyoe Allah neubie izin dan geuteukuedi gata bandua jeut keu gubernur Aceh, pimpinlah Aceh nyoe dengan jroeh dan bek karu-karu dan loen harap gata bandua bek putoh taloe ukhwah, walau dalam kondisi bagaimanapun (Apabila Allah memberi izin kepada saudara berdua menjadi Gubernur Aceh, pimpinlah Aceh ini dengan baik dan jangan pernah rebut. Saya harap kepada kedua sauadara jangan pernah memutuskan tali ukhwah), walau dalam kondisi bagaimanapun,” pesannya.

Advertisement

Lalu, Abu Tumin mengatakan dirinya menyambut baik kedatangan Nyak Lah Puteh (sebutan akrab Abu Tumin kepada Abdullah Puteh, red) ke kediamannya. Dulu semasa masih menjabat gubernur, Puteh juga sering datang dan meminta pendapat kepadanya.

Alhamdulillah, Nyak Lah Puteh mantan gubernur, uroe nyoe ka geujalin dan ka geperkuat keulayi taloe silaturrahim dengan kamoe di Blang Blahdeh, maka kamoe samboet dengan seunang hatee (Alhamdulillah, Abdullah Puteh hari ini menyambung dan memperkuat kembali tali silaturrahim dengan kami di Desa Blang Bladeh, maka kami sambut dengan senang hati),” kata pimpinan Dayah Almadinatuddiniyah Babussalam itu.

Mendengar ucapan Abu Tumin seperti itu, Puteh terlihat sesekali mengusap air matanya. Setelah dipeusijuek, Puteh dan Sayed Mustafa menyerahkan sumbangan kepada seratusan anak yatim di sekitar Blang Bladeh.(wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL