406 Napi di Sumut Langsung Bebas

Ilustrasi

MEDAN, WOL – Sekira 9.081 orang atau 47 persen dari 23.960 narapidana di berbagai lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) di Sumatera Utara mendapatkan remisi umum pada 17 Agustus besok. Dari jumlah tersebut, 406 orang mendapatkan kebebasan pada Hari Kemerdekaan.

“Pemberian remisi 17 Agustus ini sudah sesuai dengan landasan hukum pemberian pengurangan hukuman,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Marolan J Baringbing, Senin (15/8).

Selain 406 narapidana yang mendapatkan kebebasan, 8.675 narapidana mendapatkan remisi berupa pemotongan masa hukuman. Dikatakan, mereka sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi, namun tidak semuanya pemotongan hukuman sama melainkan bervariasi.

“Untuk masa pemotongan masa tahanan mulai dari dua bulan hingga enam bulan, namun tentunya hal ini nantinya akan dibacakan ketika pada Hari Kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Medan nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara juga mengusulkan pemberian remisi untuk narapidana yang terlibat extraordinary crime, namun hanya beberapa narapidana yang mendapatkan remisi sesuai PP No. 28 Tahun 2006 sebanyak 243 orang dan PP No. 99 Tahun 2012 sebanyak 609 orang.

Advertisement

“Penyerahan remisi ini dijadwalkan dilakukan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), HT Erry Nuradi, secara simbolis di Rutan Tanjung Gusta Medan pada 17 Agustus nanti,” ujar Kakanwil Kemenkumham Sumut tersebut.(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL