Pemkab Simalungun Tidak Gelar Takbiran dan Shalat Ied

WOL Photo/Eko

SIMALUNGUN, WOL – Tahun ini, Pemkab Simalungun tidak menggelar kegiatan pawai takbiran dan pemusatan shalat Idul Fitri. Tidak diketahui penyebab Pemkab Simalungun di bawah kepemimpinan JR Saragih enggan melaksanakan kedua kegiatan itu.

Padahal, tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Simalungun secara rutin menggelar pawai takbiran dan pusat pelaksanaan shalat Ied. Sebelumnya, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Simalungun tahun 2016 yang rencananya dipusatkan di Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, juga batal digelar.

Pasalnya, Pemkab Simalungun tidak menyediakan anggaran penyelenggaraan dalam APBD 2016. Kadis Perkebunan Simalungun, Ir Ramadhani Purba, mengatakan Pemkab Simalungun tidak melaksanakan MTQN tingkat kabupaten karena dananya tidak tertampung di APBD induk 2016.

Sementara itu, ribuan umat muslim di Kabupaten Simalungun tetap melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 H pada Rabu (6/7) lalu. Pelaksanaan shalat berlangsung tertib, aman, lancar, dan khidmat.

Seperti pelaksanan shalat Ied di Masjid Taqwa Pematangbandar. Ratusan warga Muhammadiyah dan umat muslim sekitarnya mendatangi masjid dimaksud melaksanakan shalat Ied. Tampil sebagai imam dan khatib adalah Ustadz Nurjaya SAg dari Medan.

Advertisement

Pemandangan serupa juga terlihat di Masjid Al-Misbah Bandar Tongah, Kecamatan Bandar Huluan. Ratusan umat Islam di daerah tersebut juga memenuhi ruang dan halaman masjid untuk melaksanakan shalat Ied.(wol/aa/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL