Fozwil Gencar Sosialisikan Zakat Tepat Sasaran

WOL Photo/Eko
Iklan

MEDAN, WOL  – Zakat dinilai salah satu instrumen penting dalam Islam, diyakini mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan dan perubahan kondisi sosial masyarakat.

Untuk meneruskan kontribusi tersebut, Fozwil (Forum Zakat Wilayah)  Sumut mengimbau kepada masyarakat dapat menyalurkan zakatnya kepada Lembaga Amil Zakat kepercayaannya dan tepat pada sasaran.

Demikian disampaikan, Ketua Forum Zakat Wilayah Sumut (Fozwilsu), Budi Syahputra bahwa hal ini sangat penting dalam hal pemberdayaan masyarakat yang lebih komprehensif dan berkesinambungan, serta upaya mentransformasi lebih cepat mustahik menjadi muzakki.

“Dalam rangka memperingati Hari Zakat Nasional, kita Forum Zakat Wilayah Sumut (Fozwilsu) menggelar sosialisasi kepada masyarakat untuk mendorong masyarakat peduli antar dalam menyalurkan zakat,” ungkapnya kepada Waspada Online, Minggu (3/7).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan program umum Ramadhan yang dimiliki oleh seluruh Lembaga Amil Zakat.

iklan

“Dan kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Zakat Nasional yang diperingati setiap 27 Ramadhan. Ini merupakan tahun ke-2, setelah presiden SBY mencanangkan Hari Zakat Nasional pada tahun lalu,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Dompet Dhuafa Waspada Sumut, Hambali, menambahkan
berbagai program telah dilakukan Fozwilsu di Bulan Ramadhan ini.

“Program yang diadakan diantaranya buka puasa bersama , berbagi puluhan ribu takjil, bingkisan lebaran untuk dhuafa, belanja bersama anak yatim,”jelasnya.

Selain itu, kajian umum serta ratusan program zakat produktif, baik di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan lingkungan yang telah memberikan manfaat kepada 24.986 warga miskin dalam cakupan wilayah Sumut.

“Untuk zakat tahun ini mengalami kenaikan sebesar 15 persen dari tahun semalam dan seluruh program yang dilaksanakan berasal dari dana umat,” tutupnya. (wol/Eko/data3)

Editor: Agus Utama

Iklan