Berkat Apple, Pemilik Situs Torrent Ditangkap

KickassTorrent (Foto: Apple Insider)
Iklan
agregasi
agregasi

 

CUPERTINO – Pihak berwenang Amerika Serikat menangkap orang yang diduga sebagai pemilik situs Torrent, setelah Apple membagi informasi pribadi terkait dengan transaksi iTunes yang memungkinkan penyelidik federal untuk menemukan mereka.

Menurut TorrentFreak yang dilansir Apple Insider, Jumat (22/7/2016), Artem Vaulin kelahiran Ukrania ditangkap di Polandia karena dicurigai menjalankan KickassTorrents (KAT) yang baru-baru ini melampaui The Pirate Bay.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat telah meminta ekstradisi Vaulin atas tuduhan kejahatan pelanggaran hak cipta dan pencucian uang.

Bagian bukti yang membawa pihak berwenang ke Vaulin rupanya datang ketika Apple menyerahkan rincian pribadinya setelah penyidik mencocokkan alamat IP yang digunakan untuk login ke halaman Facebook KAT dengan satu kali tautan pembelian iTunes.

iklan

Diajukan di Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Chigago, pengaduan pidana berbunyi, “Rekaman yang disediakan oleh Apple menunjukkan bahwa tirm@me.com melakukan traksaksi iTunes menggunakan alamat IP 109.86.226.203 pada atau sekira 31 Juli 2015. Alamat IP yang sama dan digunakan di hari sama untuk login ke Facebook KAT.”

Menurut pengaduan, KAT beroperasi dalam 28 bahasa dan film yang ditawarkan masih di bioskop, serta konten lainnya mendapatkan penghasilan yang signifikan dari iklan di seluruh situs. Selain ekstradisi Vaulin, pengaduan juga meminta penyitaan rekening bank yang terkait dengan situs serta penyitaan beberapa nama domain KAT.

Iklan