Table Manners Sudah Jadi Kebutuhan Masyarakat Modern

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN, WOL – Di era perkembangan zaman sekarang ini, masyarakat seharusnya sudah mengetahui berbagai kegiatan protokoler, salah satunya table manners (etika di meja makan).

Dalam rangka memberi penambahan ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” Medan (STIK-P) menggelar acara table manners di Santika Premiere Dyandra Hotel, Jalan Kapten Maulana Lubis, Sabtu (11/6) malam.

Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa yang mengikuti mata kuliah protokoler yang terdiri atas mereka yang mengambil jurusan ilmu jurnalisme dan public relations (PR).

Hanya saja, mahasiswa diwajibkan mengenakan busana nasional atau resmi layaknya sedang menghadiri jamuan makan malam resmi. Para mahasiswa didampingi Hj Ida Tumengkol BComm MHum selaku Ketua STIK-P juga dosen protokoler serta Austin Tumengkol SSos MIKom (Puket I) dan Suprapti I Putri SP MIKom (Puket II).

“Kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa STIK-P tentang kegiatan keprotokoleran. Tentu saja dalam jamuan makam malam formal, kita tidak mungkin mengenakan pakaian sehari-hari. Nah, untuk itu mahasiswa latihan mengenakan busana resmi, agar nantinya tidak canggung lagi,” ungkap Bu Ida.

Advertisement

Ditambahkan CEO Waspada Online tersebut, kemajuan zaman saat ini masyarakat sudah sering ikut dalam kegiatan keprotokoleran berupa acara jamuan makan secara resmi.

“Jadi acara table manners pada saat sekarang ini sudah tidak asing lagi di tengah-tengah masyarakat. Tak jarang para pelaku bisnis dan intelektual termasuk pejabat rutin menggelar acara resmi seperti ini,” tutur Mem Ida lagi.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa mendapat beberapa tambahan tips table manners dari Asst Food and Beverage Manager Santika Premiere Dyandra Hotel, Fajar. Selain itu, mahasiswa juga mendapat kesempatan tur keliling serta melihat beberapa fasilitas hotel.

“Kegiatan table manners sangat bermanfaat bagi mahasiswa, terutama yang mendalami ilmu komunikasi seperti STIK-P. Sebab nantinya kalian tidak akan terlepas dengan dunia bisnis serta bergaul dengan orang-orang penting yang kerap mengadakan acara resmi,” terang Fajar.

“Jelas banyak pengalaman dan wawasan yang saya dapat dari kegiatan table manners ini. Ternyata, ada beberapa cara makan dalam kegiatan resmi. Belum lagi soal peralatan makan maupun minumnya. Pokoknya, saya jadi banyak tahu sekarang,” jelas Julianda, mahasiswa ilmu jurnalisme STIK-P. (wol/lvz/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL