Sumut 3 Hari ke Depan Hujan dan Berpotensi Banjir

Ilustrasi/WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini adanya potensi hujan lebat dalam tiga hari ke depan, yakni sejak Jumat (17/6) hingga Minggu (19/6).

“Dari tinjauan kondisi atmosfer terlihat beberapa indikasi yang menunjukkan munculnya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia,” ujar Kepala Bidang dan Data Informasi BMKG Wilayah I Kota Medan, Sunardi, kepada wartawan, Jumat (17/6).

Dijelaskan, masuknya aliran massa udara basah dari samudera India di maritim kontinen Indonesia serta lemahnya aliran masa udara dingin Australia di wilayah Indonesia, diperkirakan memberikan kontribusi pada peningkatan curah hujan.

“Dari kondisi tersebut beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas lebat,” kata Sunardi.

Adapun lokasi yang akan dilanda hujan lebat tersebut, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku dan Papua.

iklan

“Masyarakat diminta waspada dengan prakiraan ini, karena berpotensi banjir, longsor, dan pohon tumbang,” tandasnya.(wol/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan