Rio Akui Banyak Belajar

foto: autosport
Iklan

MONTREAL, WOL – Untuk pertama kali dalam karir balapnya, Rio Haryanto menjajal Sirkuit Gilles Villeneuve pada GP Kanada. Rio mengaku mempelajari banyak hal dari dua sesi latihan bebas.

Saat Rio masih membalap di arena GP3 atau GP2, Kanada tak pernah masuk dalam kalender. Karena itu, Rio pun baru bisa mencicipi Sirkuit Gilles Villeneuve di Montreal setelah tampil di pentasi Formula One (F1) 2016.

Dalam sesi latihan bebas pertama, Jumat (10/6) malam, Rio menempati posisi ke-18 dengan waktu 1 menit 18,103 detik. Rio mampu mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 17,423 detik pada free practice kedua, tetapi posisinya melorot ke urutan 22.

“Kami berusaha positif dan tampaknya kami lebih kompetitif daripada di seri-seri sebelumnya. Kami mencoba beberapa hal di mobil dan belajar banyak di FP1,” ujar Rio, Sabtu (11/6).

“Ini adalah pertama kalinya saya berada di sini, jadi saya makin akrab dengan trek dan menikmatinya,” tambah pemuda asal Solo itu.

iklan

Catatan Rio pun dipertajam pada free practice ketiga, Sabtu (11/6). Di sini, Rio mengukir waktu 1 menit 16.901 detik. Rekan setimnya, Pascal Wehrlein, mencatat 1 menit 16.622 detik. Keduanya tetap berada di posisi paling buncit. Pun begitu, bos tim Manor Racing menilai positif hasil yang diraih Rio dan Pascal.

“Kedua pebalap melakukan pekerjaan yang hebat pada debut mereka di trek ini dan semoga kami bisa sedikit mengeluarkan kembali potensi mobil. Sejauh ini kami melakukan start yang bagus,” kata Dave Ryan menyebut ada indikasi Rio dan Pascal bakal mampu bersaing ketat.

“Pada sore hari, saya berpikir kami sudah membuat kemajuan yang bagus dan memperpendek gap dengan kompetitor terdekat kami selangkah demi selangkah,” pungkas pria asal Selandia Baru tersebut.(wol/aa/crash/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan