PSSI Pilih Riedl Besut Timnas

foto: antara
Iklan

JAKARTA, WOL – Sempat mengalami penundaan hingga dua kali, PSSI akhirnya mengumumkan nama Alfred Riedl sebagai Pelatih Timnas Senior Indonesia untuk Piala AFF 2016 di Filipina dan Myanmar, 19 November-17 Desember mendatang.

Pengumuman nama pelatih asal Austria tersebut sebagai pelatih Merah Putih disampaikan langsung oleh Plt Ketua Umum PSSI, Hinca Pandjaitan, di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (10/6).

“Dalam keadaan yang tidak ideal, kami mengambil keputusan ini. Sebelumnya, kami sudah mendiskusikan hal ini dengan ketua umum dan internal kepengurusan,” kata Hinca menambahkan pihaknya berharap semua bisa mendukung dan menerima keputusan tersebut.

Sebelumnya, PSSI sudah melakukan tes terhadap tiga pelatih lokal, yakni Nilmaizar, Rahmad Darmawan, dan Indra Sjafri. Meski begitu, M Kusnaeni yang juga pengamat sepakbola nasional mendukung PSSI menunjuk Riedl untuk ketiga kalinya sebagai pelatih. Menurutnya, Riedl paling layak karena tidak ada pelatih lokal yang kredibel di level internasional.

“Apa yang membuat pelatih tersebut istimewa adalah kredibilitasnya saat menangani timnas. Pelatih lokal tidak memiliki prestasi internasional. Ini tentu sekaligus kegagalan federasi dalam membina dan meregenerasi pelatih, sehingga pelatih lokal minim pengalaman,” tandas Kusnaeni lagi.

iklan

Senada dengan itu, Sarman Panggabean menyatakan secara teknis tidak ada masalah dengan penunujukan Riedl. Hal tersebut karena pelatih yang bersangkutan sudah paham dengan kondisi sepakbola Indonesia.

“Tinggal bagaimana dia (Alfred Riedl) bisa memotivasi pemain untuk tampil maksimal demi menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Merah Putih masih bisa kembali berkibar. Tugas berat tentunya,” pungkas Sarman, mantan pemain PSMS era 1980-an.(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan