Poldasu Gerebek Galian C Ilegal di Sergai, 2 Escavator Disita

Lokasi penambangan Galian C yang digerebek di Dusun 2 Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Sergai.

MEDAN, WOL – Petugas Subdit IV/Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumut, menggerebek lokasi Galian C ilegal di Dusun 2 Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Jumat (17/6).

Selain mengamankan Suryadi selaku penanggung jawab di lokasi, petugas juga mengamankan ceker, Akbar dan operator beko, Hendra.

Kepada Waspada Online, Jumat (17/6) malam, Direktur Ditreskrimsus Poldasu, Kombes Pol Drs Toga Habinsaran Panjaitan, melalui Kasubdit IV/Tipiter AKBP Robin Simatupang, mengatakan, dari lokasi pihaknya juga menyita 2 unit alat berat escavator, rekap keluar masuk bahan Galian C, serta uang tunai Rp2,9 juta, serta pasir komoditi di lokasi.

“Salah satu alat berat dalam keadaan rusak,” ujarnya.

Disebutkan, penggerebekan itu dilakukan pihaknya berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat. Saat ini, akunya, penyidik Poldasu masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap saksi-saksi yang diamankan dari lokasi.

Advertisement

“Saat ini, masih dilakukan pemeriksaan intensif terhadap mereka,” ujar Robin.

Ditegaskan, dalam kasus ini, pelaku dijerat dengan Pasal 158 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009, tentang Pertambangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010, tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, dan atau Pasal 109 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Informasi diperoleh, lokasi Galian C ilegal itu sudah beroperasi selama lebih dari 2 tahun. Dalam operasional praktik Galian C ilegal itu, para pelaku menambang pasir dari wilayah sungai di lokasi.(wol/roy/data1)

Editor: HARLES SILITONGA