Pelayanan Buruk Publik, Laporkan ke Sini

Istimewa

BANDA ACEH, WOL – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah, apalagi di bulan suci Ramadhan ini. Puasa jangan dijadikan sebagai alasan untuk tidak memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Pelayanan publik yang diberikan secara optimal dengan penuh keikhlasan juga merupakan ibadah,” imbau Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr H Taqwaddin Husin SH kepada Waspada Online dalam keterangan tertulisnya, Selasa (07/6).

Apabila ada dugaan maladministrasi atau buruknya pelayanan Pemerintah termasuk BUMN/BUMD, dipersilakan untuk melaporkan ke Ombudsman RI. Laporan bisa disampaikan melalui berbagai cara yaitu dengan datang langsung ke Ombudsman RI, melalui telepon 0651 7557476.

“Boleh juga ke Fax. 06517557477,  SMS Gateway ke 08116722233,  atau melalui surat ke alamat Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh yang beralamat di Jalan T Lamgugop No. 17 Banda Aceh, dan Email aceh@ombudsman.go.id,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Aparatur Sipil Negara, baik yang berada pada jajaran Pemerintah Aceh maupun aparatur Instansi Pemerintah Pusat termasuk karyawan BUMN/BUMD agar tetap memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat secara optimal selama bulan Ramadhan ini.

Advertisement

Momen puasa ini, sambungnya tentu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai ladang ibadah dengan senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban sepenuh hati terutama dalam memberikan pelayanan publik.

Sekalipun ada keringanan berupa pengurangan jumlah jam kerja sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 03 Tahun 2016 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI dan Polri pada bulan ramadhan.

“Pengurangan jam kerja tersebut mudah-mudahan bisa memberikan kemudahan kepada ASN dalam menjalankan ibadahnya dan tentu tetap memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Saya berharap peran aktif masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah,” harapnya.(wol/chai/data3)

Editor: SASTROY BANGUN