Parpol Sudah Usung Tiga Cagub

Ilustrasi
Iklan

BANDA ACEH, WOL – Calon Gubernur Aceh, Ir Tarmizi A Karim MSc, bakal mendapat perahu partai untuk maju dalam pesta demokrasi Pilkada Aceh. Dengan begitu, sudah ada tiga calon gubernur yang diusung partai politik dan tiga pula dari jalur independen.

Tarmizi, kini menjabat Irjen di Kemendagri, akan diusung Partai Nasdem yang memiliki delapan kursi di DPRA. Berikutnya, PPP enam kursi, PAN (7) serta satu kursi PKPI. Total dukungan partai mencapai 22 kursi. Persyaratan bisa mencalonkan diri sebagai gubernur, di antaranya 15 persen dari 81 jumlah kursi DPRA. Artinya, calon hanya membutuhkan 12,5 kursi dibulatkan menjadi 13 kursi (UUPA  2016 pasal 91 dan Qanun No. 5).

Informasi berkembang, Partai Nasdem terus menjalin komunikasi politik dengan sejumlah calon gubernur. Namun, hari-hari terakhir ini komunikasi politik lebih sering dan intens kepada Tarmizi A Karim. Soal dukungan condong ke Tarmizi pun tidak dibantah Ketua Nasdem Aceh, Zaini Djalil SH.

Namun karena Nasdem saja tidak cukup kursinya, maka dukungan berkoalisi datang dari sejumlah partai lain. Karena itu, tim Tarmizi terus melakukan pendekatan dan lobi politik dengan partai lain.

“Bila dukungan partai lain sudah konkrit, Nasdem akan mengumumkan calon gubernur awal Idul Fitri,” kata Zaini Djalil yang juga santer disebut akan mendampingi Tarmizi sebagai wakilnya.

iklan

Selain Tarmizi, jalur politik sudah ada terdapat tiga pasangan calon Gubernur/Wagub Aceh yang akan bertarung di Pilkada 2017, yakni Muzakir Manaf yang didukung Partai Aceh, Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera serta partai kecil lainnya. Nantinya, Mualem berpasangan dengan TA Khalid (Ketua Partai Gerindra Aceh).

Calon berikutnya adalah Irwandi Yusuf (mantan Gubernur Aceh) yang didukung Partai Nasional Aceh (PNA), Demokrat, dan Partai Damai Aceh (PDA). Irwandi akan berpasangan dengan Ir Nova Iriansyah (Ketua Partai Demokrat Aceh). Calon lain seperti TM Nurlif dan Farhan Hamid sejauh ini belum jelas pasangannya.

Dari jalur independen, tiga pasangan calon yang serius menyatakan maju adalah dr H Zaini Abdullah (Gubernur Aceh) yang final berpasangan dengan Nasaruddin (Bupati Aceh Tengah), Zakaria Saman (mantan Menteri Pertahanan GAM) dengan Alaidinsyah (Ketua PMI Aceh) serta Abdullah Puteh (mantan Gubernur Aceh).

Namun, hingga sekarang Puteh belum diketahui pasangannya. Informasi berkembang Bang Lah, panggilan akrab Puteh, akan didampingi Waisul Qarani Ali (mantan Anggota DPRA).(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan