Nigeria, Kota Dengan Polusi Udara Terburuk

turner.com
Iklan

JENEWA, WOL – Kata “Afrika” sering membangkitkan gambar-gambar romantis gajah melintasi Gurun Kalahari, air gemuruh di Air Terjun Victoria atau pemandangan dari Gunung Meja.

Tapi pemandangan yang semakin umum untuk Afrika – terutama di Nigeria – adalah bahwa kabut asap, sampah dan air tercemar sangat mengkhawatirkan, menurut sebuah laporan baru.

Empat dari kota terburuk di dunia untuk polusi udara di Nigeria, menurut data yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Onitsha – beberapa kota di luar Nigeria dicap sebagai kota paling tercemar di dunia untuk kualitas udara, ketika mengukur konsentrasi partikulat kecil (PM10).

Sebuah kota pelabuhan di Nigeria selatan, Onitsha tercatat 30 kali lebih buruk dari tingkat yang direkomendasikan WHO PM10.

iklan

Tiga kota lainnya dalam laporan WHO untuk tingkat PM10 tinggi adalah pusat transportasi dari Kaduna, di utara, diikuti oleh kota-kota Aba, Umuahia, pusat perdagangan di selatan Nigeria.

Tahun lalu, Bank Dunia melaporkan bahwa 94% dari populasi di Nigeria terkena tingkat polusi udara yang melebihi pedoman WHO (dibandingkan dengan 72% rata-rata di Sub-Sahara Afrika pada umumnya) dan kerusakan polusi udara biaya sekitar 1% pos Pendapatan Nasional bruto.

Studi WHO, terdapat perbedaan partikel, PM10 dan PM2.5, per meter kubik udara.

Partikel PM2.5 baik-baik saja, dengan diameter 2,5 mikrometer (pM) ke lebih dari 40 mikrometer, menurut Badan Perlindungan Lingkungan. Partikel PM10 kurang dari atau sama dengan 10 mikrometer diameter.(cnn/data2)

Iklan