Jelang Lebaran, 157 Pesawat Di KNIA Diperiksa

WOL Photo/Ilustrasi

KUALANAMU, WOL – 157 pesawat di Kualanamu International Airport (KNIA) diperiksa Otoritas Bandara Wilayah II Medan. Pemeriksaan dilakukan guna memperlancar arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriah.

Informasi yang dihimpun, Sabtu (25/6), pemeriksaan pesawat dilakukan di semua maskapai di KNIA. Di antaranya, Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, Sriwijaya Air, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Silk Air, dan Jet Star. Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Medan, Muzaffar Ismail, membenarkan pihaknya melakukan pemeriksaan 157 dari 228 pesawat.

Dari pemeriksaan yang sudah diakukan sejak 6 Juni sampai 23 Juni terdapat sejumlah temuan di lapangan. Temuan itu, lanjut Muzaffar, sudah disampaikan kepada airline di masing-masing maskapai.

“Harus segera ada perbaikan. Intinya, tentu kita berharap dengan adanya pemeriksaan pesawat itu ke depan arus mudik lebaran khususnya pengguna jasa transportasi udara semakin baik,” ujarnya enggan menyebutkan temuan yang diperoleh.

“Yang umum saja, kami memeriksa salah salah satunya soal kelaikan terbang. Ini sangat penting demi keselamatan dan kenyamanan penumpang,” cetusnya.

Advertisement

Disinggung soal tambahan penerbangan (extra flight), sejauh ini laporan yang diterimanya masih lima airline. Kelima airline dimaksud adalah Citilink, AirAsia, Sriwijaya, Silk Air, dan Garuda Indonesia.(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL