Harga Pangan Meroket, Kepala Daerah Diminta Stabilkan Harga

WOL Photo/Eko Kurniawan

JAKARTA, WOL – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah memperhatikan sejumlah hal terkait kebutuhan pasokan pangan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Selain itu percepat distribusi barang khususnya kebutuhan pokok masyarakat.

Ia mengatakan, kepala daerah harus pantau perkembangan harga harian secara intensif di pasar. Pemantauan mulai pada H-7 puasa sampai dengan H-1 lebaran. Dan bila terjadi kenaikan harga yang di luar kewajaran, mengambil langkah kordinatif untuk menstabillkan harga.

“Pastikan juga keamanan dan kelancaran distribusi barang di daerah masing-masing seperti pasar tumpah, kerusakan jalan, dan hambatan lain yang menganggu kelancaran distribusi regional/nasional dan carikan solusinya bila ada masalah tersebut,” kata Tjahjo mengutip laman Kemendagri.

Menurut dia, kepala daerah juga perlu memantau stok barang kebutuhan pokok yang dimiliki pedagang harian guna mengetahui perkiraan kebutuhan stok harian barang kebutuhan pokok di pasar. Selain pantauan tersebut, ia juga meminta agar jalin kordinasi dengan instansi daerah.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan produk pangan yang beredar. Selain itu, untuk memastikan ketersediaan distribusi pasokan barang kebutuhan pokok yang didukung dengan kesiapan moda angkutan barang.

Advertisement

“Pastikan pelaku usaha tidak menaikan harga secara tidak wajar dan menimbun barang dalam rangka spekulasi dengan melakukan pengawasan terpadu bersama-sama,” ungkap dia.

Daerah juga diminta menyediaka informasi terkait produksi, ketersediaan, dan harga komoditas barang pangan. Informasi tersebut harus terkini, kredibel dan mudah diakses masyarakat untuk meredam aksi spekulan yang dapat memicu terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga.(hls/data2)