Dream Team Tanpa Stephen Curry

foto: AP

OAKLAND, WOL – Pemain terbaik (MVP) NBA musim 2015-2016, Stephen Curry memutuskan mundur dari tim Olimpiade Amerika Serikat (AS). Guard Golden State Warriors itu mengaku butuh waktu istirahat untuk pemulihan cedera.

“Target pertama saya pada musim panas ini adalah fokus untuk tubuh sendiri sehingga akan siap untuk NBA musim 2016-2017,” kata pebasket berusia 28 tahun itu, Selasa (7/6).

“Pengalaman terakhir saya bersama tim basket AS sangat luar biasa, sehingga putusan ini sangat sulit bagi saya pribadi maupun keluarga,” kata Curry yang mengantarkan Dream Team AS menjadi juara dunia 2010 dan 2014.

Kendati demikian, Curry menilai mundur dari tim Olimpiade adalah putusan tepat bagi karirnya. Apalagi, musim ini dirinya sempat beberapa kali absen membela Warriors di fase playoff karena cedera.

Pemain Terbaik NBA 2015 dan 2016 itu mengalami cedera ligamen pada babak pertama playoff Wilayah Barat saat menghadapi Houston Rockets. Curry pun absen dalam empat game musim ini.

Advertisement

“Dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, termasuk cedera engkel dan lutut terakhir, saya yakin ini merupakan putusan terbaik buat saya pribadi,” kata point guard andalan Warriors itu.

Musim ini, Curry sukses mengantarkan Warriors memecahkan rekor kemenangan kompetisi reguler milik Chicago Bulls. Sang juara bertahan mengakhiri musim reguler dengan rekor 73 kemenangan dan hanya sembilan kali kala.

Warriors tengah memimpin 2-0 di NBA Final dan berpeluang mempertahankan gelar juara tahun lalu. Di final, Warriors menghadapi Cleveland Cavaliers yang juga jawara Wilayah Timur dan finalis musim lalu. (wol/aa/nba/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL