Algojo Polandia Sempurna

foto: AP
Iklan

euro 2016

 

SAINT ETIENNE, WOL – Setelah melalui perjuangan selama 120 menit plus drama penalti, Polandia akhirnya melangkah ke perempatfinal Euro 2016. Imbang 1-1 dengan Swiss, Polandia menang adu penalti 5-4.

Melakoni pertandingan di Stade Geoffroy Guichard, Saint Etienne, Sabtu (25/6) malam, Polandia memaksa Swiss untuk bertahan di 10 menit pertama. Bahkan, sempat terlihat ada delapan pemain Swiss yang menumpuk di lini belakang untuk membendung gempuran bertubi-tubi dari Polandia.

Setelah melancarkan berbagai serangan, Polandia akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan pada menit 39. Sepakan kaki kiri gelandang milik Borussia Dortmund, Jakub Blaszczykowski, melewati kaki Yann Sommer.

iklan

Ini menjadi gol kedua Blaszczykowski selama Euro 2016. Sebelumnya, Blaszczykowski juga mencetak gol ke gawang Ukraina pada laga pamungkas fase grup, 21 Juni lalu. Selain itu, Blaszczykowski juga menjadi pemain Polandia pertama setelah Zbigniew Boniek yang mencetak gol beruntun di pentas Euro.

Sayangnya, keunggulan Polandia dibuat sirna oleh gol penyeimbang Swiss yang dicetak oleh Xherdan Shaqiri. Menit 82, Shaqiri mencetak gol indah sambil salto tanpa tanpa dapat dihalau Lukas Fabianski. Gol tersebut memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Tanpa gol selama 2×15 menit, kedua tim harus melakoni drama penalti. Lima eksekutor Polania berhasil menunaikan tugasnya, yakni Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik, Kamil Glik, Blaszczykowski, dan Grzegorz Krychowiak yang memastikan lolosnya tim asuhan Adam Nawalka.

Sebaliknya, Granit Xhaka menjadi algojo Swiss yang gagal mencetak gol. Akibatnya, usaha Stephen Lichtsteiner, Shaqiri, Fabian Schar, dan Ricardo Rodriguez menjadi sia-sia. Sepakan Xhaka yang akan berkarir bersama Arsenal musim depan nanti melenceng jauh dari gawang Polandia.

Atas kemenangan ini, Polandia masih menunggu pemenang laga antara Portugal melawan Kroasia yang baru bertanding pada Minggu (26/6) dini hari. (wol/aa/rcti/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan