Jelang Liburan Harga Tiket Pesawat Naik

Waspada

KUALANAMU, WOL – Menjelang libur panjang, arus keberangkatan di Kualanamu International Airport (KNIA) cukup ramai, Selasa (3/5). Bahkan, harga tiket pesawat naik, dan ruang check-in domestik dipadati calon penumpang.

Informasi yang dihimpun, kenaikan harga tiket tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Untuk rute Kualanamu (Kno)-Jakarta (Cgk) yang awalnya Rp700.000, kini dijual mencapai Rp1,3 juta. Naiknya harga tiket itu berlaku untuk maskapai seperti Lion Air, Sriwijaya, AirAsia, dan Citilink.

“Ya, kalau mau nyaman, pesan tiket lebih awal. Karena menyambut libur pada 5 dan 6 Mei, arus keberangkatan ramai,” kata Aan, agen tiket di KNIA.

Hal senada juga dikemukakan Azwir dan Rajab. “Memang naiknya harga tiket belum begitu signifikan, tapi harus diantisipasi,” kata Azwir dari Elite Tour, seraya menambahkan sejumlah calon penumpang sudah mem-booking tiket untuk keberangkatan, Kamis (5/5) hingga Minggu (8/5).

Naiknya harga tiket pesawat mendapat kritikan dari kalangan konsumen. “Seharusnya kenaikan harga tiket pesawat dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan kepada calon penumpang,” kata Lidia, 43 warga Jl. AH Nasution, Medan.

Advertisement

Lidia didampingi sang suami, Johan, 45, mengatakan, penumpang sudah membayar airport tax sehingga berhak mendapat pelayanan yang baik. “Wajar kami tanyakan pelayanannya, karena kami sudah bayar airport tax yang include dengan tiket,” katanya.

Airport Duty Manager KNIA, Jasirin, tak menampik arus keberangkatan ramai menjelang liburan. “Memang arus keberangkatan ramai. Puncaknya diprediksi Kamis mendatang,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Kamis (5/5) dan Jumat (6/5) merupakan libur Kenaikan Isa Almasih dan Peringatan Isra’ Mikraj.(wol/aa/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL