Gubernur Aceh Janji Bangun Waduk di Tiro Pidie

WOL Photo/Chairul
Iklan

SIGLI, WOL– Gubernur Aceh, DR  Zaini Abdullah berjanji akan menganggarkan pembangunan waduk di  Kecamatan Geulumpang Baro, Tiro Kabupaten Pidie  dalam APBN dan APBA mendatang.

Pernyataan tersebut menjawab  keluhan petani setempat yang mengakami gagal panen akibat tidak adanya saluran irigasi yang disampiakan warga pada saat Gubernur Aceh menghadiri Isra Mi’raj di Masjid Jami Baiturrahmah Cot Geulumpang, Pidie, tadi malam, Sabtu (07/5).

“Akan segera kami tindaklanjuti laporan tersebut dalam anggaran APBN dan APBA mendatang,” ucap Gubernur yang akrab disapa Doto Zaini.

Orang nomor satu di Aceh ini juga menambahkan bahwa pembangunan Waduk irigasi di Tiro saat ini terkendala akibat tentang pembebasan lahan di seputar waduk tersebut. Sementara sekitar 11 ribu petani di wilayah itu berharap agar waduk segera diselesaikan tahun ini juga.

“Irigasi di Kecamatan Geulumpang Baro saat ini mengalami kekeringan hingga membuat sawah penduduk menjadi kering. Lebih dari 11 ribu petani saat ini yang punya sawah kian resah,” kata Camat Gelumpang Baro Marzuki, SH, Minggu (08/5).

iklan

“Kami berharap pembangunan waduk irigasi yang dibangun ditiro secepatnya bisa di selesaikan, karena air yang mengairi sawah masyarakat kami bersumber dari sana. Petani disini mengandalkan air dari irigasi Waduk di Tiro itu,” tambahnya berharap.

(chai/data3)

Iklan