Google Patenkan Lensa Kontak Elektronik

Kantor Google (Foto: Flickr)
agregasi
agregasi

 

MOUNTAIN VIEW – Google telah mengajukan paten yang sepertinya merupakan bionic eye atau mata bionik. Paten itu menjelaskan kemungkinan bisa memperbaiki penglihatan tanpa menggunakan kacamata setiap hari.

Dilansir Venture Beat, Senin (2/5/2016), paten diajukan pada 2014 dan dipublikasikan pada Kamis lalu, dan menjelaskan sebagai perangkat yang bisa memperbaiki penglihatan tanpa menggunakan contact atau menggunakan kacamata. Akan tetapi untuk menyisipkan perangkat, seseorang harus menjalani sebuah prosedur tertentu.

Cara kerja eye bionic Google ini sedikit rumit, setelah pengangkatan lensa seseorang dari kapsul lensa matanya, cairan akan disuntikkan ke dalam kapsul. Cairan ini bertindak seperti lem, yang memungkinkan siapa pun yang melakukan prosedur memasang perangkat intra-ocular pada kapsul lensa.

Cairan akan memadat untuk menghasilkan coupling antara kapsul lensa dan perangkat, menciptakan lensa kontak elekronik. Lensa kontak elektronik akan memperbaiki penglihatan penggunanya. Sensor dalam perangkat akan merasakan ketika penggunanya sedang mencoba melihat sesuatu yang jauh atau dekat.

Advertisement

Pada dasarnya mesin peramban itu mengusulkan lensa kontak buatan yang bisa memperbaiki penglihatan dan hanya perlu dimasukkan sekali saja. Dan, ini bukan pertama kalinya Google menunjukkan gairah menciptakan teknologi untuk mata.

Sebelumnya, Google telah mendapatkan paten untuk lensa kontak pintar yang akan berjalan pada tenaga surya dan dapat melakukan fungsi seperti mengukur kadar glukosa. Mengingat ini hanya sebuah paten, bukan berarti Anda akan melihatnya dalam waktu dekat atau bahkan tidak sama sekali.