Demokrat: Menteri Perdagangan Harus Dievaluasi

Azam Azman Natawijana (foto: ist)

JAKARTA, WOL – Wakil Ketua Komisi VI DPR, Azam Azman Natawijana meminta Menteri Perdagangan Thomas Lembong untuk dievaluasi kinerjanya karena tak dapat menstabilkan harga kebutuhan pokok jelang puasa dan lebaran nanti.

Menurut dia, pihaknya rencana hari ini memanggil Menteri Perdagangan untuk membahas persoalan yang sedang berkembang saat ini yakni tidak stabilnya harga kebutuhan pokok jelang puasa dan lebaran. Namun, karena Thomas ada rapat kabinet sehingga ditunda.

“Mendag tidak datang ditunda katanya mau ada rapat kabinet bahas masalah ini, kita mau undang untuk bahas masalah ini juga,” kata Azam kepada wartawan, Selasa (31/5).

Menurut dia, kinerja Menteri Perdagangan saat ini perlu dipantau karena tidak dapat menstabilkan harga bahan pokok jelang puasa dan lebaran. Sebab, harga kebutuhan pokok sementara ini pada naik melonjak.

Misalkan contohnya, kata politisi Partai Demokrat ini, Menteri Perdagangan beri kewenangan kepada PT PPI untuk gelontorkan gula 190 ribu ton supaya harga turun tapi tidak dipikirkan lagi secara matang. Sehingga, perlu diambil tindakan segera dengan menghilangkan ego sektoral.

Advertisement

“Mana bisa harus pikir Mendag itu, 190 ribu ton digelontorkan apakah bisa menurunkan harga gula kalau jumlah hanya sekian kan tidak bisa. Jadi secara teknis harus dipikirkan, perlu dievaluasi benar semua dievaluasi kemudian secara teori dan praktik dijalankan,” jelas dia.(inilah/d2)