Angka Penderita Thalasemia di Aceh Tinggi

foto: Waspada
Iklan

BANDA ACEH, WOL – Aceh merupakan daerah dengan kasus thalasemia tertinggi di Indonesia, bahkan di dunia dengan persentase 13,8 persen.

“Aceh menjadi sabuk thalasemia dunia yang terletak di pesisir, angka penderita thalasemia Aceh mencapia 300 penderita,” kata Ketua Donor Darah Aceh, Nurjannah Husen, dalam peringatan Hari Thalasemia se-dunia di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Minggu (8/5).

Dia menyampaikan Aceh termasuk penderita terbesar tetapi tidak ada fasilitas atau dokter spesialis yang menangani penderita thalasemia. Walaupun ada, tidak merata di setiap daerah. Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, mengatakan pihaknya akan mendatangkan dokter spesialis guna menangani penderita thalasemia. Zaini juga akan berupaya mencari solusi agar penderita tidak bertambah.

“Kita upayakan datangkan dokter spesialis, minimal di 23 kabupaten kota ada satu dokter thalasemia,” kata Gubernur baru-baru ini.

Thalasemia adalah penyakit kelainan gen pembentuk hemoglobin darah sehingga penderitanya diharuskan melakukan transfusi darah seumur hidup. Zaini menambahkan ada enam sampai 10 persen pembawa sifat thalasemia di Indonesia.

iklan

Zaini juga menyayangkan masih adanya keluarga penderita thalasemia yang minim pengetahuan terhadap penyakit tersebut. Dia mengimbau agar masyarakat pengidap thalasemia tidak mengobati secara asal-asalan.(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan