Anggota Dewan: Kadispenda Sumut Pantas Dicopot

Anggota komisi C DPRD Sumut, Muhri Fauzi Hafiz. (WOL Photo)

MEDAN, WOL –  Perombakan pejabat Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang harus secepatnya dilakukan oleh Tengku Erry Nuradi setelah menjadi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) adalah Kepala Dinas Pendapatan Sumut (Kadispenda Sumut), Rajali.

Menurut Muhri Fauzi Hafiz selaku anggota pansus PAD DPRD Provinsi Sumut, hal tersebut sangat penting dilakukan guna memperkuat ketahanan pemerintahan Gubsu Tengku Erry Nuradi.

“Sektor pendapatan daerah menjadi tulang punggung jalannya roda pembangunan pada sisa masa jabatan Gubsu Tengku Erry Nuradi dan pergantian Kepala Dinas Pendapatan  Sumut adalah salah satu bentuk kesungguhan Gubsu demi baiknya tata kelola pembangunan yang direncanakan,” ujar Muhri, Kamis (26/5).

Muhri menjelaskan, ada tiga hal alasan Rajali patut diganti sebagai Kepala Dinas Pendapatan Sumut. Pertama, katanya, selisih data objek pajak PKB yang mencapai hampir 300.000 objek pajak, dimana sampai saat ini masih belum dijawab mengapa bisa terjadi.

“Kedua, potensi pajak daerah yang dipungut melalui kantor UPT di kabupaten/kota banyak yang belum optimal, hal ini berdasarkan kunjungan kerja Komisi C DPRD Sumut, beberapa waktu lalu,” ungkap Muhri.

Advertisement

Dan yang ketiga kata Muhri, upaya perbaikan data objek pajak yang bisa terukur dan dipertanggungjawabkan masih tidak dimiliki oleh Dinas Pendapatan Sumut. “Semuanya hanya prognosis berdasarkan capaian yang lalu, sehingga sewaktu-waktu bisa berubah seperti yang terjadi di tahun 2015 lalu,” kata Muhri.

Seperti diberitakan, setelah dilantik menjadi Gubernur Sumut definitif oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (25/5), seminggu kemudian Erry Nuradi akan melakukan perombakan SKPD Eselon II Pemprov Sumut untuk penyegaran.

“Rencana saya akan melakukan perombakan di lingkungan SKPD untuk penyegaran,” ujar Erry kepada wartawan di mess Pemprovsu jalan Jambu Jakarta, Rabu (25/5). (wol/rdn/data1)

Editor: Agus Utama