25 Mei, Pelantikan HT Erry Nuradi

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN, WOL – Kendati Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) belum menerima undangan dan Keppres pelantikan HT Erry Nuradi menjadi Gubsu definitif dari pemerintah pusat pada 25 Mei mendatang, informasi secara lisan sudah didapat dari Kemendagri.

Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Pemprovsu, Jimmy Pasaribu, menyampaikan hal itu kepada wartawan, Jumat (20/5), terkait pernyataan Mendagri Tjahjo Kumolo tentang pelantikan Erry bersama kepala daerah Kepri dan Yogyakarta pada 25 Mei 2016.

“Memang undangan belum kita terima, tapi kita sudah lakukan komunikasi dengan Kemendagri dan direncanakan pelantikan dilakukan Rabu (25/5) nanti. Senin (23/5) baru ada kepastian, karena di situ kita baru akan menerima telegram dari pusat,” ujar Jimmy di Medan, Jumat (20/5).

Informasi menyebutkan Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait penunjukan Erry Nuradi menjadi Gubernur Sumut definitif. Pun begitu, Keppres tersebut belum diterima pihaknya.

“Kabarnya Keppres pengangkatan sudah diteken presiden, tapi mungkin masih di Kementerian Sekretaris Negara dan belum disampaikan kemari. Mungkin nanti sekalian hari Senin dikirim,” ujarnya lagi.

Advertisement

Ditambahkan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan dalam pelantikan tersebut. “Satu hari sebelum pelantikan kita terima suratnya pun kita siap, karena tidak ada persiapan khusus. Nanti yang akan hadir di sana pejabat Forkopimda Sumut,” tambah Jimmy.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Dodi Riatmadji, mengakui pihaknya telah merencanakan pelantikan sejumlah gubernur, termasuk HT Erry Nuradi pada 25 Mei 2016 di Istana Negara Jakarta. Namun, Dodi belum dapat memastikan rencana pelantikan karena menunggu kepulangan presiden dari luar negeri.

“Memang rencananya Rabu, tapi kita belum bisa pastikan. Kalau presiden sudah pulang baru bisa dipastikan. Kalau Keppres (penunjukan Erry menjadi Gubernur Sumut definitif) sudah ada dari Kementerian Sekretaris Negara,” ujar Dodi.(wol/aa/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL