Pemprovsu Terima Tiga SK Pelantikan Kepala Daerah

WOL Photo

MEDAN, WOL – Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) mengaku telah menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri untuk segera melantik tiga kepala daerah di Sumut yang menang dalam Pilkada 9 Desember 2015. Ketiganya adalah Bupati Simalungun, Bupati Karo, dan Wali Kota Gunungsitoli.

“Kita memang sudah menerima tiga SK kepala daerah, untuk yang lainnya masih kita tunggu. Untuk waktu pelantikan kita rapatkan dulu sembari menunggu mungkin akan turun SK kepala daerah yang lain,” ujar Sekdaprovsu, Hasban Ritonga, Kamis (7/4).

Menurut Hasban, pelantikan tiga kepala daerah yang sudah turun SK nya akan dilakukan dalam waktu dekat. Terkait SK definitif HT Erry Nuradi menjadi Gubsu, Hasban mengatakan pihaknya belum menerima SK dari Mendagri. “Belum, kita tunggu dulu,” ujarnya.

Kepala Biro Otonomi Daerah Sumut, Jimmy Pasaribu, mengatakan saat ini masih menugaskan stafnya ke Jakarta menjemput SK kepala daerah. Namun memang hingga saat ini masih tiga SK kepala daerah yang keluar.

“Baru tiga kami terima, anggota saya masih di Jakarta untuk yang lain belum turun,” ujar Jimmy juga belum dapat memastikan waktu pelantikan.

Advertisement

Diketahui, dari total delapan kab/kota di Sumut yang menggelar Pilkada serentak 2015 dan belum dilantik, enam di antaranya berakhir masa jabatan kepala daerahnya April 2016. Di mana dua daerah yakni Simalungun (25 Oktober 2015) dan( Karo 25 Maret lalu).

Untuk empat daerah yang akan berakhir dalam waktu dekat adalah Kabupaten Nias Barat (13 April 2016), Nias Utara (12 April 2016), Nias Selatan (12 April 2016), dan Kota Gunungsitoli (13 April). Dua kepala daerah lainnya, Nias dan Mandailing Natal, baru berakhir 9 dan 28 Juni 2016.(wol/aa/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL