Ombudsman Sumut Apresiasi Pengembalian Pungutan SMAN 8

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar (WOL Photo/Ega ibra)

MEDAN, WOL – Ombusman RI Perwakilan Sumatera Utara mengapresiasi langkah SMAN 8 Medan yang mengembalikan pungutan uang bimbingan belajar (bimbel) kepada siswa. Bahkan Ombudsman akan mendukung Sudirman sebagai kepala sekolah karena telah berkomitmen memperbaiki penyelenggaraan pendidikan di sekolah tersebut.

“Kita apresiasi langkah sekolah yang mengembalikan uang pungutan kepada siswa. Kita harus pertahankan orang-orang yang memiliki komitmen kuat untuk memperbaiki pendidikan,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, Kamis (7/4).

Abyadi juga mengapresiasi Wali Kota Medan Dzulmi Eldin yang telah menindaklanjuti saran dan rekomendasi Ombudsman terkait kutipan di sekolah yang melanggar Undang-Undang, sehingga ditindaklanjuti SMAN 8 Medan. Abyadi berharap langkah SMAN 8 ini diikuti oleh seluruh sekolah di Kota Medan mulai dari tingkat SD hingga SMA.

“Hentikanlah pungutan liar di sekolah yang membebani orangtua siswa selama ini,” kata Abyadi Siregar.

Dalam saran Ombudsman yang disampaikan kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin beberapa waktu lalu, Ombudsman meminta segala pungutan di sekolah dihentikan, seperti uang seragam sekolah, uang bimbingan belajar, uang komite, uang renang, uang pentas seni dan uang perpisahan kelas.(wol/cza/data1)

Advertisement

Editor: SASTROY BANGUN