Ketua DPR RI Resmikan Masjid Agung At Taqwa Kutacane

Istimewa
Iklan

BANDA ACEH, WOL – Ketua DPR RI, Ade Komarudin, akan meresmikan pemakaian Masjid Agung At Taqwa Kutacane, Jumat (8/4) besok. Masjid megah perpaduan ornamen Gayo Alas dan Timur Tengah itu akan menjadi ikon baru di Aceh Tenggara.

Penanggungjawab peresmian Masjid Agung yang juga Wakil Bupati Aceh Tenggara, H Ali Basrah, mengatakan Ade Komarudin tiba di Kutacane pada Kamis (7/4) didampingi Ketua Komisi III DPR RI Bambang Susatyo serta rombongan.

Ade Komarudin, calon kuat Ketua Umum DPP Partai Golkar, akan disambut di pendopo dan mendapat marga Selian sebagai penghargaan kepada tokoh bangsa. Pada malam harinya dilakukan pertemuan DPD II, DPD I, dan DPP Partai Golkar bersama Ketua DPR RI.

Untuk peresmian Masjid Agung At Taqwa yang dibangun dengan biaya Rp75 miliar lebih itu berlangsung akan turut dihadiri 4.000-an undangan. Dilaporkan, sejumlah pejabat penting dari provinsi, termasuk Gubernur Aceh Zaini Abdullah, hadir.

“Usai peresmian, Ketua DPR RI menjadi khatib Shalat Jumat perdana di masjid itu sebelum kembali ke Jakarta,” kata Ali Basrah.

iklan

Pada bagian sisi kiri masjid terdapat bangunan kecil yang merupakan tempat wudhu bagi jamaah laki-laki dan sebelahnya untuk wudhu perempuan. Keindahan tempat wudhu terlihat pada atapnya yang terdapat dua kubah.

Di luar bagian bangunan utama masjid, jamaah akan disuguhkan satu bentuk gaya artistik modern dengan paduan dominasi warna abu-abu dan sentuhan motif suku yang menjadikan keseluruhan corak masjid berbeda dengan lainnya.

Memasuki masjid, terdapat beberapa anak tangga berbahan marmer hitam mengkilat. Di bagian dalam utama masjid, lantai didominasi coklat keemasan dan beberapa pilar tiang besar dibungkus warna hitam-kuning coklat.

Pada dinding bagian dalam masjid ornamen khas Alas dipadu tulisan kaligrafi menambah keindahan masjid. Dari informasi diperoleh, area masjid seluas 1,4 ha dan luas bangunan 2.670 meter.(wol/aa/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan