Harga Jengkol Meroket di Medan

foto: tribunnews
Iklan

MEDAN, WOL – Untuk masyarakat Kota Medan yang sangat suka dengan masakan olahan jengkol bisa menahan selera. Beberapa hari ini masyarakat dikejutkan kenaikan harga jengkol yang mencapai hingga Rp60 ribu perkilo.

Harga jengkol sebelumnya hanya Rp 30 ribu per kilo, kini naik hingga 2 kali lipat. Keluhan ini juga dirasakan bagi pemilik rumah makan Padang yang biasa menambah menu masakannya dengan rendang atau gulai jengkol.

Seperti yang diungkapkan salah seorang pedagang sayur di Jalan Denai Medan, Nurma, sudah seminggu ini harga jengkol merangkak naik dari harga Rp30 ribu per kilo, naik menjadi Rp40 ribu per kilo, dan sekarang menjadi Rp 60 ribu perkilo dan beberapa hari ini tidak banyak mendapat pasokan, sebab kalau mahal gak ada yang beli.

Sedangkan salah seorang pedagang jengkol di Pasar Sukaramai Medan, Br Tarigan mengatakan, bahwa jika sudah mahal dari gudang, maka pedagang tidak mau mengambil banyak banyak.

“Biasa saya ambil dari gudang sehari 15 kg, sekarang ini 5 kg saja tidak habis, dari pada busuk, lebih baik tidak banyak saya ambil,” katanya, Jumat (1/4).

iklan

“Saya juga kurang tau penyebab kenaikan harga jengkol, hanya saja menurutnya,  jengkol termasuk sayuran musiman. Jika tidak musim, memang harganya dapat naik hingga dua kali lipat,”ungkapnya.(wol/eko/data1)

Iklan